Gerakan Mencuci Tangan, PNP Serahkan Wastafel ke Pemkot Padang

PADANG: Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Mendukung gerakan mencuci tangan tersebut Politehnik Negeri Padang (PNP) menyerahkan 3 unit wastafel berkapasitas 200 liter ke Pemerintah Kota (Pemkot Padang) untuk dapat dimanfaatkan.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, keberadaan wastafel sangat diperlukan dimasa tatanan kehidupan yang baru atau new normal ini, seperti dirumah, kantor dan tempat lainnya.

“Keberadaan wastafel sangat diperlukan saat ini, karena kita mengajak warga untuk mengikuti protokol kesehatan salah satunya mencuci tangan,” kata Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Rumah Dinas A Yani, Selasa (23/6/2020).

Sementara itu Direktur Politekhnik Negeri Padang Surfa Yondri mengatakan, salah satu cara yang dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan selain menjaga jarak (physical distancing).

“Dengan adanya protokol kesehatan mencuci tangan ini, tentunya membutuhkan wastafel, karena itu PNP menginisiasi pembuatan wastafel secara sederhana,” katanya.

Surfa Yondri menuturkan, PNP membuat wastafel sederhana dengan kapasitas 200 liter bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat ditiru. PNP sudah menyalurkan wastafel untuk dimanfaatkan di beberapa tempat, seperti pasar, mesjid/ mushala, tempat-tempat olahraga dan kantor pemerintahan.

“Kita sudah bekerjasama dengan satgas BUMN untuk membuat 200 unit wastafel yang nantinya, melalui pemprov akan disebar dibeberapa tempat,” katanya.