Rafif Malfaizul Akbar Murid SD Kampung Jawa Juara Lomba Hafiz Al Quran Padang TV

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Di tengah pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat akibat Covid-19 tidak menghalangi Rafif Malfaizul Akbar (10) mengukir prestasi.

Siswa kelas 4, SD Negeri 08 Kampung Jawa, Kota Pariaman ini menjuarai lomba hafiz Al Quran diselenggarakan Padang TV secara daring. Lomba melalui aplikasi zoom ini, ketika babak final nya disiarkan langsung Rabu, 20/5 lalu.
Anak pertama dari tiga bersaudara ini mampu menyingkirkan 50 orang peserta lainnya dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

“Rafif sudah beberapa kali mengikuti lomba tilawah dan tartil Al Quran, dan lomba hafiz ini merupakan pertama kali dan Alhamdulillah langsung juara I”, ujar orang tua Rafif, Hadi Siswanto di ruangan Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Jumat, (22/5/2020).

“Saya mengenalkan Rafif dengan Al Quran sejak umur 2,5 tahun, mulai dari belajar Iqra’ hingga bisa membaca Al Quran ketika sudah kelas 1 SD”, jelasnya.
Kemudian Rafif belajar membaca Al Quran di Mesjid Nurul Hidayah, Kapmpung Pondok. Di sanalah Rafif belajar tartil, tilawah dan hafiz Al Quran.

Tidak hanya belajar di masjid, Hadi juga mengulang-ulang hafalan Al Quran Rafif setiap hari di rumah selama 2 hingga 3 jam.

Usaha orang tua Rafif tidak sia-sia, Rafif pernah mewakili Kota Pariaman pada MTQ Nasional tingkat Sumbar di Kota Pariaman pada Tahun 2017. Juara pertama MTQ cabang tartil tingkat Kota Pariaman pada Tahun 2018. (rel)