Peduli Seniman di Bali, LSBO PP Muhammadiyah Salurkan Bantuan Sembako

TABLOIDBIJAK.COM (Jakarta)—–Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Muhammadiyah tak pernah tinggal diam. Kali ini dilakukan Lembaga Seni, Budaya, dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah. Mereka menyalurkan sembako bahan pokok untuk para seniman atau pekerja seni yang terdampak covid-19.

“Covid-19 benar-benar meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali seniman,” kata subro mulissyi, mantan aktifis muhammadiyah Bali, dalam penjelasannya kepada awak media tentang alasan mengadakan kegiatan tersebut.

Menurut Lizi, seniman ikut terdampak pandemi virus corona dan tidak sedikit dari mereka yang saat ini penghasilannya berkurang. “Saya menyampaikan amanat sekretaris LSBO PP Muhammadiyah Defy Indiyanto Budiarto untuk menyapa teman-teman seniman di Bali,” kata lizi sapaan akrabnya.

LSBO mengawali kegiatan dari kantor PCM Denpasar Timur, lalu ke lumbung para seniman di sukawati Gianyar, lanjut ke monang-maning, dan tampak gangsul Denpasar, dilanjutkan ke seniman di daerah jimbaran. Sembako bahan pokok yang terdiri dari, beras 5 kg, sarden 3 kaleng, minyak 2 liter, gula 1 kg, kopi, teh, garam, kecap dan telor. “Untuk bali timur dan utara insya Allah menyusul,” paparnya.

Dana kegiatan ini dihimpun dari beberapa pihak yang peduli terhadap seniman yang terdampak covid-19. Yang dihimpun oleh sekretaris LSBO PP Muhammadiyah, Defy Indiyanto Budiarto.

Program LSBO Peduli Covid-19 merupakan respon dari lembaganya terhadap akibat yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 kepada masyarakat luas. “Para pelaku seni dan budaya di Bali tidak bisa mengadakan kegiatan keramaian, sehingga berdampak pada pendapatan mereka,” ujar Defy Indiyanto Budiarto melalui telepon selularnya, di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Lebih lanjut, Defy mengatakan, dalam masa pandemi Covid-19 memang memukul banyak sektor perekonomian masyarakat khususnya mereka yang bekerja di sektor jasa seperti seniman.”Pendapatan yang berkurang menyebabkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok. Untuk itu, LSBO Peduli tergerak untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan,” imbuhnya.

Sementara itu, perbekel Desa Sukawati, Dewa Gede Dwi Putera mengatakan pihaknya berterima kasih atas kepedulian pihak LSBO PEDULI PP Muhammadiyah yang sudah memberikan bantuan sembako terhadap pekerja seni atau seniman diwilayah desa yang dipimpinnya tersebut. “Kami sangat bersyukur, bantuan itu sangat berarti dan bermanfaat bagi warga kami khususnya pekerja seni atau seniman yang terdampak pandemi covid 19,”ucapnya

Bantuan sembako ini sebagai wujud dari kepedulian pihak LSBO PP Muhammadiyah yang telah menunjukkan bentuk wujud toleransi bahwa kemanusiaan tidak bisa disekat oleh batasan apapun, semoga bantuan ini bukan yg pertama dan yang terakhir tetapi kontinyu. (rel)