Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang

TABLOIDBIJAK.COM (PADANG)—–Akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, setidaknya telah menyebabkan beberapa kerusakan seperti pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang.

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, telah terjadi beberapa pohon tumbang di sejumlah tempat sejak Jumat (21/2/2020) kemarin hingga saat ini, Sabtu (22/2/2020).

Menyikapi hal itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang dibantu personil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan juga dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung berjibaku melakukan pembersihan dan pemotongan reruntuhan pohon yang tumbang tersebut.

“Pada Hari Jumat telah terjadi pohon tumbang di sejumlah titik. Diantaranya di kawasan Jalan Surau Ikhlas 2 No.9 RT 02 RW 5 Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo yang menimpa rumah dan kabel listrik. Selanjutnya hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Padang Barat yakni di Jalan Bundo Kanduang Kelurahan Belakang Tangsi Kecamatan Padang Barat. Lalu di jalan Depan Don Bosco Taman Melati dan Jalan Patimura depan Apotek Minang Kelurahan Olo,” terang Kepala BPBD Kota Padang Barlius kepada media ini, Sabtu (22/2/2020).

Kemudian sambung Barlius, pohon tumbang lainnya juga terjadi di kawasan Kecamatan Padang Timur. Diantaranya di Jalan Aziz RT 04 RW 1 Kelurahan Andalas yang mengakibatkan terhambatnya akses jalan. Selanjutnya hal yang sama juga terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan KIS Mangunsarkoro Kelurahan Jati Baru, depan Klinik Medika Simpang Haru serta Jalan Ksatrian No.16 Kelurahan Ganting Parak Gadang.

“Selain itu pohon tumbang juga terjadi di Kecamatan Pauh yakni di Jalan Mohammad Hatta RT 01 RW 8 Kelurahan Limau Manis. Kemudian di Kecamatan Koto Tangah tepatnya di Jalan Lubuk Minturun RT 02 RW 7 serta di Kecamatan Padang Selatan pada Jalan Kampung Nias 5 Kelurahan Alang Laweh dan Jalan A.R Hakim Kelurahan Belakang Pondok,” sebutnya lagi.

Lebih jauh dikatakan Barlius, pada hari Sabtu (22/2/2020) ini angin kencang terus terjadi dan juga kembali menyebabkan pohon tumbang di beberapa tempat.

“Pagi tadi kembali terjadi pohon tumbang baik di Jalan Lubuk Minturun RT 02 RW 7 dan juga di Jalan Patimura Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat. Alhamdulillah kita langsung melakukan tindak lanjut dengan segera melakukan pembersihan dan pemotongan pada pohon tumbang tersebut. Sehingga tidak menyebabkan gangguan pada pengguna jalan dan pemilik rumah yang tertimpa pohon tersebut,” tukasnya.

Lebih jauh disampaikan Barlius, untuk saat ini dan ke depan pihaknya terus bersiaga mengantisipasi bahaya pohon tumbang akibat angin kencang yang telah terjadi beberapa hari ini.

Ia pun juga mengimbau warga masyarakat Kota Padang tetap berhati-hati dengan menjauhi pohon-pohon besar dan tua ketika angin kencang terjadi. Begitu juga dalam memarkirkan kendaraan roda empat atau roda dua agar menjauhi pohon besar dan tua tersebut.