Petani Tak Perlu Khawatir, Hadapi Musim Tanam, Stok Pupuk Bersubsidi Terpantau Aman

TABLOIDBIJAK.COM (Payakumbuh)—–Ketersediaan pupuk bersubsidi di kota Payakumbuh sampai hari ini, Kamis (13/2) mencukupi dan aman terkendali, hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh Herlina didampingi Kabid Perdagangan Israneldi dan Kasi Pengadaan, Distribusi dan Sarana Perdagangan, Riri Suardi bersama tim survei bidang Perdagangan saat mensurvei pupuk bersubsidi di kota Payakumbuh.

Dijelaskan Israneldi, sampai sekarang ke 16 Kios dan Distributor pupuk se Kota Payakumbuh yang terdata di bidang perdagangan, ketersediaan untuk pupuk subsidi jenis Urea, Za, SP 36 dan Phonska berada dalam kondisi stok yang mencukupi.

“Dalam kegiatan pengawasan pupuk bersubsidi yang dilakukan setiap bulan ini, diharapkan agar distributor dapat memastikan jaminan ketersediaan pupuk untuk setiap petani di kota Payakumbuh dan bukan hanya jaminan ketersediaan pupuknya saja namun juga harga dan pasokan,” tegas Israneldi.

Ditambahkan, Riri Suardi, pengecekan dilakukan untuk menjamin ketersediaan pupuk subsidi bagi para petani saat memasuki masa tanam pertama.
Kita juga mengimbau agar petani tidak perlu khawatir apalagi gaduh terhadap ketersediaan pupuk non subsidi, karena semua terpantau dalam posisi aman.

Sementara itu, H.Joni Zamri salah seorang distributor pupuk daerah Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara, mengatakan, saat ini, hanya pupuk organik yang belum tersedia, dikarenakan pupuk itu masih dalam proses distribusi. “Insyallah akan segera masuk ke kota Payakumbuh dalam minggu ini. Kami optimistis pupuk tersedia. Kami melihat realitasnya, petani mulai menanam sehingga dapat panen sesuai yang diharapkan,” singkatnya. (Jnd)