Sopir Truk Pasir Nakal Ditegur Wakil Rakyat Akibat Tak Pasang Terpal

Padang – Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani menegur sopir bus yang parkir di bahu jalan depan Kantor Lurah Gunung Sarik Kecamatan Kuranji. Pasalnya mobil angkutan tanah dan pasir tersebut tidak memakai penutup pada bagian belakangnya. Sehingga tanah yang diangkut menjadi berserakan di bahu jalan dan menimbulkan debu.

Truk tersebut melintas jalan dari arah timu melaju ke arah barat tak pelak, pengendara yang berada di belakang trukk itu terkadang risih dengan debu-debu yang berterbangan.

Anto salah satu pengendara mengungkapkan kekesalannya pasalnya selain menimbulkan debu yang timbulkan dari tanah yang di muatnya beterbangan sehingga membuat mata kelilipan, juga tanah berjatuhkan sehingga membuat pengguna di belakangnya harus menjauh.

“Kok masih ada ya, truk bermuatan kayak pasir atau tanah belum ditutupi, padahal, sudah ada aturan yang mengatur tentang itu,” katanya.

Kejadian tersebut terjadi ketika Ketua DPRD Padang Syafrial Kani dan anggota DPRD Padang lainnya turun lapangan di Kecamatan Kuranji pada Jumat (7/2/2020).

Syafrial Kani bersama Lurah Gunung Sariak sempat menegur sopir mobil pasir tersebut. Sopir angkutan tanah dan pasir tersebut segera memasang penutup bagian belakang dan menaiki truk untuk pergi.

“Seluruh sopir truk pasir wajib mematuhi aturan parkir. Masa membawa pasir tidak ditutup dengan terpal. Jika angin kencang bisa masuk pasir ke mata orang yang berkendaraan di belakangnya” kata Syafrial Kani.

Syafrial Kani meminta Lurah untuk menyurati Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang jika kejadian tersebut masih terulang.

“Nanti kalau sampai terus seperti itu, lurah harus bertindak tegas. Lurah bisa surati Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Kalau masih bandel nanti bisa ditindak. Jika kejadian terulang, izin usaha angkutan tanah dan pasir tersebut bisa dicabut, ungkapnya.