Wako Pariaman Genius Umar : Satu Keluarga Satu Sarjana Hanya Untuk Keluarga Miskin

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) —  Pemerintah Kota Pariaman melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Indonesia (UI) pada program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (23/1/2020).

Genius Umar mengungkapkan Pemko Pariaman dengan UI melakukan kerjasama dibidang pendidikan khususnya vokasi. Untuk mendukung Kota Pariaman dalam program Satu Rumah Satu Sarjana khususnya bagi keluarga miskin.

“ Dalam waktu dekat kita akan mengirim anak Kota Pariaman ke UI untuk program Diploma dengan kualitas lebih bagus. Sehingga anak-anak setelah lulus bisa bekerja dan mengangkat keluarganya keluar dari kemiskinan “, katanya.

Genius juga meminta kepada pihak UI untuk memprioritaskan khusus bagi anak Kota Pariaman yang masuk ke UI dengan memberikan berbagai informasi dan peluang beasiswa untuk anak-anak Kota Pariaman bisa belajar disitu.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemko Pariaman sudah membangun beberapa kerjasama dengan Perguruan Tinggi vokasi diantaranya yaitu Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang (Politeknik ATI Padang) dan Politeknik Negeri Padang (PNP). Ketika kita beri kesempatan dibidang pendidikan dan diberi keahlian serta memberi akses terhadap permodalan maka anak tersebut bisa bebas dari kemiskinan .

“ Sehingga sejak tiga semester ini apa yang telah dilakukan, kita mengirim anak Kota Pariaman ke beberapa perguruan tinggi, dengan asumsi tiga tahun kedepan setelah selesai sekolah, kemudian mereka bekerja dan memiliki tanggung jawab untuk membawa keluarganya keluar dari kemiskinan “, sambungnya.

Untuk meningkatkan harkat masyarakat Kota Pariaman, kami Pemko Pariaman melakukan kerjasama dengan UI, sebelumnya ditargetkan untuk anak-anak vokasi yaitu SMK, tetapi kami melakukan diskusi agar anak-anak SMA boleh masuk ke pendidikan vokasi, sehingga banyak anak-anak Kota Pariaman yang sekolah  di UI.

“ Sedangkan untuk tes masuk ke UI selama ini hanya ada di Kota Padang, dengan harapan setelah kerjasama ini akan kita usulkan tempat untuk tes selesksi masuk ke UI kita minta buat di Kota Pariaman “, harapnya.

Kesempatan yang sama, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI), Priyanto menyambut baik kerjasama ini antara Pemko Pariaman dengan UI untuk mendukung program Saga Saja.

“ UI dalah bagian dalam membangun bangsa, selama ini memang yang menjadi mahasiswa di UI pada umumnya mereka yang berdomisili di Pulau Jawa. Tetapi setelah kerjasama ini, anak-anak dari Kota Pariaman bisa mewarnai dan menjadi mahasiswa di UI. Karena kita Bhineka Tunggal Ika dari Sabang sampai Merauke, semua masyarakat Indonesia bisa menikmati pendidikan yang sama “, ujarnya.

“ Memang tidak mudah untuk mewujudkan semuanya, tetapi kami dari UI siap membantu Pemko Pariaman untuk bisa mendidik putra dan putri daerah punya kesempatan yang sama. Kalau tadi diprioritaskan adalah pendidikan vokasi memang sudah tepat karena pendidikan vokasi adalah menyiapkan mahasiswa, ketika  mereka lulus maka siap dan langsung bekerja “, ulanya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang dilatih disana lebih banyak praktek, apalagi kami sudah bekerjasam dengan BUMN dan pihak swasta yang siap untuk menjadi tempat magang kerja buat anak-anak yang sekolah di UI.

“ Tapi harapan saya, setelah lulus dan bekerja tidak lupa dengan asal daerahnya dan kembali membangun Kota Pariaman. Apa yang sudah disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar nantinya kami akan berjuang agar semua itu dapat terwujud “, pungkasnya.(rika)