Disdukcapil Kota Pariaman Buat Terobosan Antar Dokumen Memakai Jasa Kantor Pos & Giro

TABLOIDIJAK.COM (Kota Pariaman)—Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman melakukan terobosan baru pertama kali diterapkan yakni Layanan Antar Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat melalui jasa Kantor Pos dan Giro. 

 

Kepala Disdukcapil Kota Pariaman Syahfirman menjelaskan pelayanan pengiriman dokumen kependudukan dan catatan sipil dilakukan kerjasama dengan pihak Kantor Pos dan Giro dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. 

 

Pelayanan pengiriman data kependudukan dan catatan sipil ini pertama kali dikirim pada Rabu (22/01/2020). Disdukcapil Kota Pariaman berkomitmen untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat.

“Ini kita lakukan untuk mempercepat pelayanan data kependudukan dan catatan sipil lainnya. Pihak Kantor Pos akan mengantarkan e-KTP, kartu keluarga, akte lahir, akte kematian ke rumah warga dan sekaligus mempermudah pelayanan masyarakat di Kota Pariaman dalam memperoleh administrasi kependudukan di Pemerintah Kota Pariaman ” ungkapnya.

Kerjasama antara Disdukcapil Kota Pariaman dengan Kantor Pos dan Giro Pariaman telah dimulai sejak Kamis (12/12) Tahun 2019 lalu. Dokumen akan dikirim langsung via Pos dan Giro kerumah penduduk yang telah melakukan pendaftaran dan yang paling penting penduduk tidak dipungut biaya alias gratis.

“Semua kepengurusan baik melalui DIGI Mobile yang bisa diakses lewat aplikasi play store ataupun mendaftar secara manual ke Disdukcapil Kota Pariaman pada saat setelah istirahat yang tidak memungkinkan bisa siap pada hari itu juga, surat – surat yang diurus tidak perlu dijemput ke Disdukcapil lagi tetapi cukup menunggu dirumah saja dan pengiriman hanya memakan waktu 1 (satu) hari kecuali hari libur, “ tambahnya.

Ia berharap dengan adanya inovasi ini masyarakat akan merasa lebih mudah dalam kepengurusan administrasi kependudukan dan dengan adanya inovasi ini dan inovasi lainnya seperti pendaftaran lewat online , masyarakat Kota Pariaman akan lebih menyadari pentingnya administrasi kependudukan. Kedepannya masih banyak inovasi yang akan dilahirkan oleh Disdukcapil Kota Pariaman untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Pariaman yaitu menjadikan Pariaman Smart City.(dewi lestari)