Komisi I : ASN Jangan Melek Teknologi

PADANG – Bila ingin memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, Pemko Padang harus segera membenahi secara total SDM ASN-nya yang ada di tingkat kelurahan dan kecamatan. Sebab merekalah yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Hal ini ditegaskan Budi Syahrial anggota Komisi I DPRD Kota Padang sehubungan dengan optimalisasi pelayanan ASN pemko Padang di tingkat kelurahan, Rabu (15/1/2020).

Dijelaskannya, pembenahan tersebut guna meningkatkan SDM ASN Pemko Padang mulai dari tingkat kelurahan sampai kecamatan. Mereka harus menguasai teknologi informasi (melek tekhnologi) seperti mempunyai kemampuan menggunakan komputer dan Internet.

“Untuk dapat mewujudkan Kota Padang yang metropolis dan modern maka ASN dan masyarakatnya harus segera dituntut untuk menguasai tekhnologi sebagai percepatan pembangunan dan nadi kehidupan,” tegasnya lagi.

Kita harus menerima dan ikut beraktifitas dalam era milenial, bila tidak maka kita akan tetap seperti katak dalam tempurung. “Kita berharap agar agar k ASN Kota Padang menjadi pelaku aktif dalam era milenial ini,”tambahnya.

Dicontohkannya, kalau semua kelurahan punya staf yang menguasai komputer dan internet secara maksimal tentu pelayanan yang optimal dapat diberikan. ” Bisa saja mereka cukup mengakses apa yang akan mereka urus ke kelurahan dari rumah saja dan bisa mendaftar semua urusan meeka dari rumah saja.

Lalu pihak kelurahan atau kecamatan menjawab semua kebutuhan atau permasalaan lewat aplikasi yang tersedia di kelurahan atau kecamatan. Jadi semua serba cepat dan tentu bagaimanapun juga interaksi antara arga dengan aparat juga sangat dibutuhkan, tapi tentu waktunya bisa diatur.

“Pemko perlu menganggarkan dana agar semua kelurahan punya sarana dan petugas yang terampil untuk menggunakan komputer dan internet,” harap Budi.