Batagak Pangulu Di Situjuah Batua, Genjot Ekonomi Masyarakat

TABLOIDBIJAK.COM (Limapuluh Kota)—–Nagari Situjuah Batua kabupaten Limapuluh Kota Barolek Godang 2020 resmi dimulai, Sabtu (12/1). Acara ini, bakal berlangsung hingga 20 Januari mendatang. Puncaknya, saat peringatan Peristiwa Situjuah ke 71 pada 15 Januari, tak tanggung-tanggung kegiatan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Jual beli di pasar nagari setempat diperkirakan sangat meningkat hari ini, Senin (13/1), karena terpantau pasar tersebut dihujani pengunjung yang penuh sesak untuk bertransaksi kebutuhan dapur.

Salah seorang pedagang, Siti Nurbaya (45) mengatakan kepada awak media alhamduliliah jual beli di pasar tradisional nagari situjuah ini meningkat drastis. “Kami yang biasanya pulang sore mungkin sebentar lagi kami sudah mau pulang karena dangan sudah mulai mau habis dan kami berharap pemerintah, tokoh – tokoh dan pejabat yang datang hari ini perhatikan lah kami yang ada di pasar ini,” katanya.

Ditambahkan, Farida (60) seorang pedagang sayur mayur mengatakan, kami bersukur dengan adanya acara ini jual beli kami di pasar meningkat, dan terkait acara batogak penghulu ini kami berharap niniak mamak mulai memperhatikan kami mulai sekarang, dan ayomi anak dan kemenakan kita.

“Kita berharap Pemerintah terkait dapat selalu meramaikan pasar tradisional ini dengan berbagai kegiatan yang positif. Semoga pengunjung dan jual beli kita para pedagang dapat meningkatkan kedepannya,” singkatnya.

Terpisah, menanggapi hal tersebut Walinagari Situjuah Batua, DV. DT. Tan Marajo, menyampaikan, alhamdulilah acara berjalan dengan baik, antusias masyarakat patut di acungi jempol yang telah bekerja bahu membahu untuk mensukseskan Barolek Godang ini. Terkait pasar ini, pihaknya siap menciptakan pasar tradisional yang tertib, teratur, aman, bersih dan sehat juga akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pasar ini terus kita perhatikan dan menjadikan pasar ini sebagai penggerak roda perekonomian daerah juga akan menciptakan pasar ini mampu untuk berdaya saing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern,”

Dan terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang telah datang, hadir di acara Batogak Pangulu dan terimakasih juga kepada Walikota Payakumbuh Bapak H. Riza Falepi dan beserta jajarannya, terus terimakasih juga kepada Babinsa ,Polsek, yang telah mengamankan acara kita ini. Acara berlangsung sampai sore dan di isi oleh berbagai kesenian ,tarian dari daerah.(JND)