Pemko Pariaman Tekan Kontrak Kerjasama Dengan UT, Genius Umar : Peningkatan Kualitas SDM

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) —  Pemerintah Kota Pariaman melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kota Pariaman yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (9/1/2020).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan di Tahun 2020 ini kita sukseskan yang kita capai di Tahun 2019, karena ditahun tersebut beberapa hal yang telah dikerjakan, mulai dari program Satu Rumah Satu Sarjana (Sagasaja) dengan mahasiswa yang telah melakukan perkuliahan dengan beberapa perguruan tinggi dan ditahun ini kita mulai  bekerjasama dengan UT.

” Di Tahun 2020 kita lebih bersemangat dengan program-program  lain yang harus dikerjakan dan salah satunya dibidang pendidikan “, ujarnya.

Di Kota Pariaman,  pendidikan merupakan program unggulan utama untuk membangun daerah. Suatu daerah akan maju kalau pendidikan juga maju. Bangsa atau suatu negara akan maju jika pendidikannya juga maju.

“ Kita harus meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan lama belajar anak-anak kita, harus meningkatkan beberapa program pendidikan baik itu SD SMP, dan SMA dan tak lupa juga meningkatkan kualitas pendidikan guru paud. Kita banyak memiliki guru-guru paud  tetapi rata-rata pendidik guru paud adalah tamatan SMA dan SMK dan belum memiliki kompetensi untuk mengajar”, sambungnya.

Ia juga menuturkan bahwa anak PAUD adalah anak-anak usia dini untuk didik. Yang didik oleh pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan. Oleh sebab itu, semua guru PAUD akan kita berikan pendidikan dan pelatihan untuk pendidikan profesi keguruan selama satu tahun yang selenggarakan oleh UT di Pariaman. Dengan peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang pada tahap pertama.

Nantinya ada kelas yang akan kita buat dengan melakukan pendidikan selama satu tahun, dengan biaya pendidikan setengah dari peserta dan setengahnya lagi dari Pemko Pariaman yang akan dilaksanakan mulai Tahun 2020.

“ Dan saya harapkan untuk guru-guru PAUD yang akan ikut dalam program ini supaya semangat dalam belajar, karena ilmu yang didapatkan nantinya menjadi tanggung jawab dan diteruskan ilmu tersebut kepada anak-anak didik serta bermanfaat bagi kita di akhirat”, tambahnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama Universitas Terbuka (UT), Liesyodono Bawono Irianto juga menyampaikan bahwa di awal Tahun 2020 merupakan tahun peningkatan kompetensi SDM.

“ Kita di awal Tahun 2020 mengawali kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman. Dengan harapan untuk kerjasama ini menjadi dasar bagi kami karena teman-teman dari Kota Pariaman akan mendapatkan bantuan untuk program sertifikat pendamping muda guru paud “, ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, mereka yang sudah mengajar di PAUD tetapi belum memliki kompetensi sebagai pendidik. Sehingga diharapkan dengan mendapatkan sertifikat tersebut yang satu paket ini, nantinya pada saat mereka menempuh di UTN S1 PAUD mereka hanya masuk pada semester ke-3 dan setara dengan Diploma 1.

“ Ini menjadi motivasi bagi mereka dan mengantarkan generasi nantinya bisa diajar oleh pendidik yang memiliki kompetensi “, pungkasnya. (rika)