Pemko Pariaman Adakan Wisuda Tahfizh Al-Qur’an Bersama

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Untuk pertama kalinya di Kota Pariaman, sebanyak 1217 orang siswa-siswi Tahfizh mengikuti wisuda Tahfizh Santri Read Al-Qur’an Center Angkatan I Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pantai Gandoriah Kota Pariaman hari ini Rabu (11/12/2019).

 

Walikota Pariaman saat membuka kegiatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada semua guru sekolah, guru mengaji dan bimbingan orang tua yang telah banyak berjasa dalam melahirkan hafizh – hafiz Qu’an Kota Pariaman. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kementeruian Agama Kota Pariaman yang membantu Pemko Pariaman mensukseskan kegiatan ini.

“ Hari ini kita melaksanakan wisuda 1000 tahfizh Al-Qur’an namun yang datang justru 1217 tahfizh. Ini menandakan animo anak – anak kita untuk hafal Al-Qur’an semakin baik. Dan merupakan prestasi yang sangat luar biasa di Kota Pariaman serta untuk pertama kalinya kita melakukan kegiatan ini, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Wisuda Tahfizh Santri Read Al-Qur’an Center Angkatan I Tahun 2019 merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman, dimana memperingati Hari Nusantara 2019 telah dimulai sejak tanggal 7 s.d 14 Desember 2019.

“ Salah satu cara untuk menjaga keaslian Alquran adalah dengan menghafalnya. Menghafal Alquran punya banyak manfaat dalam kehidupan, terutama menumbuhkan kecerdasan spritual, ketentraman jiwa, dan kedekatan dengan Allah SWT. Dalam menumbuhkan semangat menghafal Alquran, Pemerintah Kota Pariaman akan terus lakukan wisuda ini setiap tahunnya agar anak – anak Kota Pariaman menjadi anak penghafal Alquran, “ tambahnya.

Prestasi – prestasi akan selalu diberikan Pemerintah Kota Pariaman. Kepada sekolah – sekolah yang telah berhasil mengirim anaknya untuk mengikuti wisuda kali ini akan diberikan piagam dan bagi yang belum akan diberi tegutan dan PR bagi pihak sekolah untuk bisa melahirkan hafizh – hafizh di tahun berikutnya.

Ia berharap kepada kepala sekolah, guru, kementerian agama Kota Pariaman, Pemko Pariaman, penyuluh agama di tingkat desa agar bisa berkoordinasi untuk membuat anak – anak pariaman semuanya menjadi penghafal Al-Qur’an.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman Muhammad Nur mengatakan kegiatan hari ini akan dilaksanakan sehari penuh. Dimulai dari wisuda 1000 Tahfizh, pengukuhan remaja mesjid, lomba rabana antar majlis taklim nanti malam dan tadi pagi dilaksanakan lomba didikan subuh.

“ Kegiatan ini kami laksanakan untuk mensukseskan program Pemko Pariaman tentang bagaimana hafizh ini terintegrasi dengan sekolah. Dukungan Pemerintah untuk selalu mengirimkan guru mengaji kesetiap sekolah di Kota Pariaman dan menjadikan Tahfizh ini sebagai kegiatan ekstra kurikulernya, saya yakin dalam lima tahun ini Kota Pariaman akan masuk rekor muri menghadirkan seluruh siswa baik SD/MI, SMP/MTSN/MTSS dan SMA/MAN penghafal Al-Qur’an dengan standar SD 1 juz, SMP 2 juz dan SMA 3 juz, “ ungkapnya.

Wisuda Tahfizh Santri Read Al-Qur’an Center Angkatan I Tahun 2019 dilakukan untuk anak – anak hafalan 3 s/d 15 juz. Wisuda serentak ini ditandai dengan pemasangan selempang oleh Walikota Pariaman Genius Umar kepada perwakilan hadizh dan disusul oleh Kepala OPD lainnya.(dewi lestari)