Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan Hari Nusantara Kota Pariaman Berjalan Sukses

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) —  Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman selama lima hari, 7 s.d 14 Desember 2019, berbagai kegiatan dilakukan untuk mensukseskan iven nasional ini salah satunya kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di MTsN 01 Pariaman, Rabu (11/12/2019).

 Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini antara lain, pelayanan kesehatan umum dengan target 2000 pasien, pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan target 300 pasien, pelayanan KB dengan target 100 akseptor, pelayanan donor darah dengan target 100 pasien, pelayanan khitanan dengan target 300 pasien, dan pelayanan kacamata baca dengan target 1000 kacamata.

Bakti Sosial Kesehatan ini secara resmi dibuka Komandan Lantamal II Laksma TNI, Dafit Santoso didampingi Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Kepala Dinas Kesehatan Prov Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Lantamal II, Detasemen Kesehatan Sumbar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Indriati Mardison serta Forkopimda Kota/Kabupaten, Provinsi Sumbar dan SOPD terkait.

“ Tujuan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mewujudkan semangat kepedulian, kebersamaan dan solidaritas serta mempererat hubungan masyarakat dengan masyarakat pariaman “, ujar Komandan Lantamal II Laksma TNI, Dafit Santoso dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan juga untuk mengawali rangkaian kegiatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman Tahun 2019.

“ Pelaksanaan HARNUS ini merupakan perwujudan dari deklarasi djuanda yang dianggap sebagai deklarasi kemerdekaan indonesia kedua, melalui deklarasi tersebut, indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat “, ungkapnya.

“ Dasar pelaksanaan kegiatan sesuai perintah panglima Koarmada I Nomor Sprint/227/XI/2019 tanggal 30 November 2019 tentang daftar personel pendukung pelaksanaan kegiatan Bhakti Kesehatan di Kota Pariaman, Sumatera Barat “, tambah dia.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan hari ini hari kelima dalam rangkaian Hari Nusantara 2019 sebelumnya telah selesai kegiatan Mancing Mania di Satrol Lantamal II Padang yang diikuti oleh 35 grup selama dua hari menginap dilaut.

Kemudian, lanjutnya, Pariaman Wirabraja Run yang diikuti 3600 peserta pelari dan alhamdulillah juga berjalan sukses dan ramai.

“ Selanjutnya Pariaman Nusantara Expo 2019 yang saat ini sedang berlangsung diikuti pameran dari seluruh indonesia, dan tahfidz qur’an sebanyak 1280 orang diwisuda, ini melebihi dari apa yang kita targetkan “, ungkapnya.

“ Semua ini adalah berkat kerjasama dari lintas koordinasi antara Pemerintah Pusat, Panglima AL Ksal dengan Pemprov Sumbar dan Kota/Kabupaten dalam rangka mensukseskan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman ini “, tambah dia.

Kita berharap keterlibatan Pemprov lebih maksimal lagi karena ini adalah acara nasional yang dipercayakan kepada kita Kota Pariaman sebagai tuan rumah tahun 2019.

“ Kepada semua masyarakat Kota Pariaman dan Sumatera Barat datanglah untuk menyaksikan berbagai atraksi di  Hari Nusantara 2019 Kota Pariaman, ketuskan sikpa kegotongroyongan secara bersama baik semua panitia dan lintas instansi dalam rangka mensukseskan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019 ini “, pungkasnya.

Pembukaan kegiatan Bakhti Sosial Kesehatan ini turut dimeriahkan dengan penampilan paduan suara dari Germas Puskesmas Kurai Taji dan penampilan simulasi cuci tangan dari SDN 05 Air Santok serta penyerahan paket bingkisan secara simbolis kepada pasien.

Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini berlangsung selama dua hari, rabu dan kamis tanggal 11 s.d 12 Desember 2019, mulai pukul 07.30 s.d selesai bertempat di MTsN 01 Pariaman dengan melibatkan sebanyak 168 personil dari TNI, AL, Dinkes Provinsi Sumbar, Dinkes Kota Pariaman, Dinkes Kabupaten Padang Pariaman, BKKBN, PMI, dan Yayasan Budha Tzu Chi. (Erwin)