Peringatan Hari Disabilitas, Gubernur Tekankan 19 Kabupaten dan Kota Ramah Disabilitas

TABLOIDBIJAK (Padang) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menekankan 19 kabupaten dan kota mesti bersikap adil, terutama mereka penyandang disabilitas.

“Kabupaten dan kota mesti penuhi segala hak azazi mereka penyandang disabilitas dengan program dan kebijakan,” ujarnya saat peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Selasa 3 Desember 2019.

Lebih lanjut kata Irwan, apalagi pemerintah sangat diamanahkan dalam pengelolaan masyarakat tanpa membeda-bedakan. “Maka, dari segi fasilitas kita telah memberikan akses seperti jalan khusus penyandang disabilitas, kemudian hak mereka bekerja. Bahkan mereka yang memiliki potensi namun disabilitas kita berikan peluang, begitupun dengan sekolah ada yang diperuntukan bagi disabilitas,” katanya.

Sambung Irwan dengan memberikan akses kepada disabilitas ini sehingga akan terbentuk kemandirian bagi dirinya dan unggul pada bidangnya masing-masing.

“Jadi tidak ada lagi masyarakat yang memandang mereka sebelah mata. Sebab, mereka juga memiliki potensi dan keahlian seperti masyarakat pada umumnya,” ulasnya.

Selain itu dukungan pemerintah setiap kabupaten dan kota sudah terlihat dengan beberapa sekolah bagi disabilitas dan juga kepedulian masyarakat sekitar.

“Ini sangat kami apresiasi, sehingga hak-hak untuk disabilitas di Sumbar sudah terpenuhi. Karena baik masyarakat dan pemerintah sangat peduli kepada disabilitas,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pentingnya penegakan hak disabilitas di setiap sektor kehidupan. Oleh karenanya dalam hari disabilitas internasional sebagai kekuatan dalam melibatkan penyandnag disabilitas dan menempatkan mereka sebagai potensi bangsa yang produktif.

“Untuk itu setiap tahun kita peringati hari disabilitas ini sebagai ajang refeleskikan persoalan hak azazi penyandang disabilitas,” katanya.

Dilanjutkannya, Pemko Padang telah memberikan fasilitas kepada penyandang disabilitas. Seperti, akses jalan dan transportasi. Kemudian, diperkantoran juga telah ada tangga khusus bagi disabilitas.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi mengungkapkan, kegiatan hari disabilitas internasional tahun ini di Kota Padang merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sumbar dan Pemko serta organisasi terkait kepada penyandang disabilitas.

“Ini sudah menjadi komitmen kita dalam meningkatkan kepedulian kita bersama pemerintah dan organisasi terkait mengakomodir penyandang disabilitas dalam pemenuhan dan perlindungan haknya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga diserahkan hadiah bagi pemenang Paralympic dan bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas. (fardi)