Catatan Yal Aziz: Menunggu Gebrakan Koperasi Multidaya Nusantara Tiga di Kota Padang

SEANDAINYA, Bung Hatta proklamator dan Bapak Koperasi ini masih hidup, so pasti anak Ranah Minang ini akan tersenyum dan bahagia melihat Yandri anggota DPRD Kota Padang, Dapil 2 Kurani Pauh ini yang dipercaya menjadi Ketua Koperasi Multidaya Nusantara Tiga Kota Padang. Kenapa Bung Hatta tersenyum dan bahagia? Karena Yandri berhasil dan dipercaya membawa mandat untuk membentuk DPC Koperasi Multidaya Nusantara Tiga oleh Gus Robi Irawan Wiratmoko, suhunya koperasi MNT di nusantara ini.

Sebagai pendiri dan suhunya Koperasi Multidaya Nuasantara Tiga, ternyata Gus Robi Irawan Wiratmoko, telah bergerak secara nasional membentuk kepengurusan di setiap kota dan kabupaten. Khusus untuk Kota Padang, Gus Robi memberikan mandat kepada Yandri yang telah berhasil pula membentuk kepengurusan.

Ada hal yang perlu kita cermati dan dianalisa dari Gus Robi. Katanya, pengurus dan anggota koperasi harus saling kerjasama, jangan sampai ada kepentngan atau punya tujuan pribadi di dalam wadah koperasi Multidaya Nusantara Tiga. Bahkan Gus Robi berpesan, agar Koperasi Multidaya Nusantara Tiga dijadikan sebagai wadah bagi masyarakat untuk menuju kebahagian lahir dan bathin.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Padang, tercatat 717 koperasi. Kemudian selama rentang waktu Januari 2019, tercatat sebanyak 125 koperasi telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Sementara 592 lagi, belum 1melaksanakan RAT.

Dengan terbentuknya kepengurusan DPC Multidaya Nusantara Tiga, Minggu, 1 Desember, 2019 di Kota Padang, berarti jumlah koperasi di Kota Padang Tercinta menjadi, 718 buah.

Kedepan tentu kita berharap, agar koperasi yang telah ada, tapi belum melaksanakan RAT, untuk melakukan pembenahan, bagi yang belum melaksanakan RAT. Sedangkan bagi koperasi yang telah RAT, agar komitmen dan konsekwen dalam melaksanakan amanah.

Kemudian dengan munculnya Koperasi Multidaya Nusantara Tiga, diharapkan benar-benar menjadi soko guru masyarakat Kota Padang, untuk menunjang perekonomian masyarakat yang lagi kesulitan mendayung biduk kehidupan.

Kepada pengurus DPC Multidaya Nusantara Tiga, untuk sungguh-sungguh menjalanan amanah dan melepaskan diri dari kepentingan pribadi, partai dan kelompok. Tegasnya, Ingat Bung Hatta dan spontan akan ingat Koperasi Multidaya Nusantara Tiga. Mari kita bangun perekonomian masyarakat Kota Padang dengan koperasi. Semoga (Penulis wartawan tablidbijak.com dan ketua smsi sumbar).