Sebulan Polresta Padang Amankan 28 Pelaku dari 16 Kasus Penyalahgunaan Narkoba

TABLOIDBIJAK (Padang) – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengamankan sebanyak 28 pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba dalam operasi Tumpas Bandar tahun 2019. Dari jumlah itu, terjaring dua wanita yang ikut terlibat dalam operasi tersebut.

“Jumlah kasusnya ada 16, tersangkanya 28 orang. Jumlah barang bukti yang diamankan sebanyak 1004 gram ganja. 51,57 gram sabu,” ujar Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan saat jumpa pers di Polresta Padang, Senin, (2/12).

Dikatakannya, semua itu merupakan tangkapan selama bulan November. Namun, peran pelaku berbeda-beda. Sebagian di antaranya, ada sebagai kurir, dan penjual. Kendati demikian, pihaknya berupaya akan meningkatkan penangkapan ke tingkat bandar.

Menurutnya, bandar merupakan tempat sindikat peredaran narkoba yang marak atau potensial terjadi di Sumatra Barat (Sumbar), khususnya di Kota Padang. “Sabu berasal dari pekanbaru. Sedangkan ganja berasal dari Sumatera Utara dan Aceh,” kata Yulmar.

Menanggapi hal tersebut, polresta padang berkomitmen untuk terus memerangi kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba. Apalagi bulan Desember berdasarkan perkiraan yang didapat dari Intelijen akan adanya peningkatan pemakai narkoba. Sebab, berkaitan dengan akhir tahun yang biasanya banyak di tempat hiburan.

“Antisipasi kita akan meningkatkan operasi-operasi di tempat-tempat hiburan dan didaerah perbatasan yang menjadi tempat potensinya barang haram tersebut masuk ke Sumbar khususnya Kota Padang,” ungkapnya. (fardi)