Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Sumatera Barat Diraih Kota Pariaman

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat digelar dari tanggal 29 November – 1 Desember 2019 dengan berbagai lomba, Festival Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (LCM B2SA), Lomba Pengolahan Pangan Lokal Berbahan Baku Ubi dan Jagung dan Pameran Expo Pertanian Pangan oleh 19 kabupaten/kota se-Provinsi Sumbar.

Lomba tersebut diselenggarakan di Halaman Kantor UPTD Distribusi, Pasokan Dan Akses Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Air Pacah, Padang, Minggu (1/12/2019).

Adapun peserta lomba dari Kota Pariaman merupakan binaan dari Tim penggerak PKK Kota Pariaman diketuai  Ny. Lucyanel Arlym Genius dan binaan Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Pariaman dikepalai Dasril, serta Kelompok Pengolah Pangan Lokal di Kota Pariaman.

Pemenang lomba yang diikut sertakan ditingkat Provinsi Sumbar merupakan Juara I Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kota Pariaman yakni TP-PKK Desa Pauh Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan dengan tim Imelda Asfir dan Febri Muharni Opet dan Kelompok Pengolah Pangan Lokal di Kota Pariaman dengan tim Eka dan Linda.

Dalam kesempatan tersebut, untuk Juara I tingkat Sumbar kategori Lomba Cipta menu B2SA diraih Kota Pariaman yang diserahkan Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi kepada Ketua TP-PKK kota Pariaman Ny. Lucyanel Arlym Genius. Dan Untuk Juara III tingkat Sumbar kategori Pengolahan Pangan Lokal Berbahan Baku Ubi dan Jagung diterima Kadis. Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Pariaman Dasril.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi, ungkapkan, nantinya, Juara I Lomba Festival Pangan cipta menu Lokal B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman) tingkat Provinsi Sumbar ini akan mewakili Sumbar pada ajang yang sama di tingkat nasional pada peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Nasional ke-40 yang  akan dilaksanakan di Provinsi Papua Barat Tahun 2020.

Ny. Lucyanel Arlym Genius, sampaikan selamat dan ucapan terima kasih kepada semua tim lomba masak B2SA dan tim lomba  pengolahan pangan lokal yang berhasil meraih juara I dan juara III 3 tingkat Provinsi Sumbar.

Selain mampu meraih yang terbaik, menurut Ny. Lucy, Lomba Cipta Menu ini juga bertujuan agar masyarakat terbiasa mengkonsumsi pangan yang bergizi, beragam, seimbang dan aman. Selain itu, masyarakat lebih inovatif untuk menghasilkan pangan dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal. 

Ia berharap, usai lomba ini peserta bisa juga berwirausaha, produk yang dihasilkan bisa dikomersilkan. TP-PKK Kota Pariaman dan Pemko Pariaman akan membantu memfasilitasi dan mempromosikannya.

” Insha Allah, Kota Pariaman akan mewakili Provinsi SUmatera Barat dalam lomba cipta menu B2SA tingkat Nasional di tahun 2020 di Papua Barat,” singkatnya.

Untuk hadiah Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 7 juta, dan Juara III sebesar Rp. 5 juta. Juga mendapatkan tropy dan piagam penghargaan.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Pengurus TP-PKK Kota Pariaman dan jajaran Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Pariaman.(phaik)