HMI Pasaman Undang Yusuf Lubis Hadiri Acara Intermadia Training

TABLOIDBIJAK.COM (Pasaman)—–Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, SH. MSi memenuhi undangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam acara Intermedia Training HMI se Sumatera, yang berlansung selama sepekan, 16 s/d 22 November 2019 di Hotel Hamco Lubuk Sikaping.

Dalam kesempatan menjelang acara penutupan, Jumat (22/11/2019), Bupati H. Yusuf Lubis memaparkan tentang visi dan misi Kabupaten Pasaman yang Agamis, Berbudaya dan Sejahtera lahir bathin.

Juga dipaparkan tentang program wajib tahfiz Alquran bagi siswa dan pelajar di Kabupaten Pasaman.

Data yang ada saat ini, dari 67.200 siswa dan pelajar Kabupaten Pasaman, rata-rata sudah megikuti program tahfizd, tinggal hanya 10.407 orang yang belum bisa baca alquran.

“Saya berharap, adik-adik HMI ikut berperan aktif mendukung program baca tulis Alquran bagi siswa dan pelajar di Kabupaten Pasaman,” harap Bupati Yusuf Lubis.

Dipaparkan bupati, penduduk Pasaman saat ini berjumlah 317.000 jiwa, yang tersebar di 12 kecamatan dan
62 nagari (37 nagari definitif + 25 nagari persiapan).

“Insyaallah bulan Desember depan, sudah bisa kita laksanakan pilwana di nagari-nagari persiapan tersebut,” ujar bupati.

Mengakhiri sambutannya, bupati minta agar selesai acara pelatihan ini, ada sebentuk laporan dan masukan dari HMI untuk dapat dijadikan program dalam kegiatan pembangunan Kabupaten Pasaman di tahun mendatang.

Sekretaris HMI Pasaman, dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelatihan Intermedia Training, diikuti 32 peserta pengurus HMI se-sumatera, sedangkan narasumber dari senior HMI pusat dan Sumatera Barat.

“32 peserta berasal dari pengurus HMI Jambi, Lampung, Pekanbaru, Medan, Bengkulu dan terbanyak dari HMI Sumatera Barat,” paparnya.

Irwan, SHI, presidium KAHMI Kabupaten Pasaman yang ikut mendampingi kegiatan pelatihan HMI di Pasaman, menambahkan bahwa acara tersebut cukup strategis, terutama dalam mempersiapakan mental dan sikap kepemimpinan para mahasiswa, sebagai pelanjut estafet kepemimpinan bangsa.

Acara diakhiri dengan dialog dan tanya jawab antara Bupati pasaman Yusuf lubis dengan peserta pelatihan.(Fauzan)