Anggota DPRD Sumbar Yosrizal Serap Aspirasi Masyarakat Kenagarian IV Koto Pulau Punjung

TABLOIDBIJAK.COM (Sijunjung)—–Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Yosrizal, himpun atau serap aspirasi masyarakat Kenagarian IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, dalam kegiatan reses, Selasa (5/11). Pertemuan reses ini dilaksanakan di gedung sederhana, tepatnya di simpang Masjid Raya Babusallam, nagari setempat.

Hadir dalam kesempatan itu, Walinagari IV Koto Pulau Punjung, David Iskan, puluhan kepala jorong, pemuda, tokoh masyarakat, serta Anggota DPRD Dharmasraya dari fraksi PAN, Ade Sudarman, Irmon dari PKS, mantan Walinagari IV Koto Pulau Punjung, Abdul Kahar, Babinkamtibmas, Donal Ratmin, dan undangan lainnya.

Kegiatan tersebut diawali sesi perkenalan, dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu tokoh muda, Pandong Spenra.

Dalam kesempatan itu, Walinagari IV Koto Pulau Punjung, David Iskan memafarkan sejumlah kebutuhan prioritas nagari yang nantinya diharapkan dapat diwujudkan DPRD Provinsi Sumatera Barat. Menurutnya, saat ini warga Nagari IV Koto Pulau Punjung lagi getol- getolnya mengelola lahan pertanian, namun terkendala oleh sulitnya mendapatkan pengairan.

” Sejauh ini, masyarakat hanya memanfaatkan air hujan untuk mengelola lahan pertanian. Sehingga produksi hasil pertanian tidak seperti yang diharapkan. Di wilayah Nagari Sungai Kambuik, ada embung yang bisa dimanfaatkan untuk pengarian lahan pertanian masyarakat, dan ini tentunya membutuhkan dana. Nah, melalui kegiatan reses ini, kami tompangkan aspirasi kami dengan harapan dapat diwujudkan,” harap David.

Lanjut David Iskan, selain persoalan pertanian, warga Nagari IV Koto Pulau Punjung, juga mengharapkan peningkatan infrastruktur seperti, drainase, jalan usaha tani dan lain sebagainya.

” Kami berharap apa yang kami sampaikan ini bisa terwujud,” pungkasnya.

Kemudian mantan Walinagari IV Koto Pulau Punjung, Abdul Kahar menyampaikan hal- hal yang berhubungan dengan pendidikan, dan kebersihan lingkungan.

“Ini juga hal yang sangat perlu menjadi diperhatian Anggota DPRD Provinsi Sumbar, selaku keterwakilan masyarakat Dharmasraya,” tegasnya.

Sementara itu, Babinkamtibmas, Donal Ratmin memafarkan tentang kenakalan remaja dan tingginya korban laka lantas di sepanjang jalur lintas sumatera, Dharmasraya. Ia juga menawar solusi bagi kenakalan remaja dan laka lantas ini. Menurutnya, untuk mengatasi kenakalan remaja ini, mungkin keterwakilan masyarakat di DPRD Provinsi Sumatera Barat, bisa menyisihkan sebagian anggaran untuk kegiatan kepemudaan atau membangunkan rumah singgah sebagai tempat pembinaan remaja. Sementara untuk pencegahan atau menimalisir angka kecelakaan, bisa memberikan bantuan kelengkapan pengendara berupa hlem.

Menanggapi aspirasi masyarakat ini, Anggota DPRD Provinsi Sumatera, Komisi IV, Yosrizal mengucapkan terimakasih atas masukan dan aspirasi tersebut. Menurutnya, aspirasi dan masukan yang disampaikan sebenarnya bukan persoalan sulit untuk diwujudkan asal ada kekompakan dan sinergi pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat.

” Saya selaku keterwakilan masyarakat Dharmasraya di DPRD Provinsi Sumatera Barat, bakal memperjuangka apa- apa yang disampaikan bapak- bapak. Insya Allah kita wujudkan secara bertahap melalui pokok- pokok pikiran DPRD,” terangnya.

Katanya, semua usulan, saran dan lain sebagainya yang tertuang dalam pertemuan ini menjadi catatan penting dan tanggungjawaban bagi dirinya.

“Ini akan kita bahas dalam rapat komisi di DPRD. Insya Allah bisa diwujudkan,” pungkasnya.