Kadis Kominfo Kota Pariaman Hendri Hadiri Penandatanganan Kerjasama BSSN

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman), Depok — Pemerintah Kota Pariaman yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman, Hendri, hari ini, Kamis (3/10/2019), menghadiri acara penandatanganan Kerjasama antara Pemerintah Kota/Kabupaten dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), bertempat di gedung Kantor BSSN RI, Depok, Provinsi Jawa Barat.

 

Acara yang bertemakan pemanfaatan sertifikat elektronik yang merupakan rujukan dari Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dihadiri oleh Sekretaris Utama BSSN, yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum dan Humas, Giyanto Awan Sularso.

“Hadirnya Kota Pariaman dalam rangka penandatangan kerjasama ini menunjukan keseriusan Pemerintah Kota Pariaman, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, sesuai dengan visi walikota Pariaman menuju pemerintahan yang handal dan prima untuk meningkatkan kualitas pelayanan public menuju Pariaman Smart 2020”, ujarnya.

Penggunaan teknologi khususnya teknologi informasi komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah, saat ini berkembang sangat pesat menuju Good Governance  dan juga sedang bertransformasi menuju implementasi e-Government.

“Dengan adanya perkembangan teknologi, maka bertukar data ataupun informasi saat ini sangatlah mudah. Namun, dibalik kemudahan yang didapat dari perkembangan TIK ini, terdapat pula salah satu tantangan dalam penerapan e-Government yaitu keamanan informasi”, ucapnya.

Informasi dan dokumen elektronik yang dipertukarkan dalam proses e-Government pada hakekatnya berisi informasi yang perlu diberi jaminan keamanan, sehingga informasi tersebut tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan.

“Sertifikat elektronik merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik”, ungkapnya.

“Sertifikat elektronik memberikan jaminan otentikasi data, karena sertifikat digital dapat menunjukkan langsung pemilik dari sertifikat di dalam suatu dokumen, kemudian integritas, karena pada sertifikat elektronik menjamin keutuhan data dengan melihat apakah ada suatu perubahan di dalam dokumen yang telah ditandatangani, dan anti penyangkalan karena dapat langsung dibuktikan waktu penandatangan serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu keutuhan data”, tutupnya menjelaskan.

Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan BSSN dalam menciptakan keamanan siber. Lima kabupaten/kota yang diundang untuk melaksanakan penandatangan kerjasama ini adalah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lebak, Kabupaten Sumedang, Kota Batu dan Kota Pariaman.  (EP/J)