Ribuan Masyarakat Sumbar ikuti Jalan Sehat Meriahkan HUT ke 74 KAI

TABLOIDBIJAK (Padang) — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-74 Kereta Api Indonesia (KAI), ribuan masyarakat Kota Padang sangat antusias mengikuti jalan sehat yang diadakan di kantor PT KAI Divre II Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Divre PT KAI Sumbar, Ihsan Kesuma mengatakan, kegiatan jalan sehat merupakan agenda rutin yang dieselenggarakan setiap tahunya pada momen HUT PT KAI.

“Dibanding tahun lalu, tahun ini antusias masyarakat sangat tinggi di Kota Padang, bahkan jumlahnya sampai ribuan peserta,” ujarnya kepada awak media, di Padang, Minggu 29 September 2019.

Dengan tema KAI Bersatu Indonesia Maju juga digelar Bazar UMKM, donor darah, dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu, serta pembagian hadiah melalui permainan KIM dengan hadiah utama berupa sepada motor, kulkas, sepeda, mesin cuci dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Apalagi selama satu tahun belakangan ini, PT KAI sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi massal, telah melakukan berbagai macam peningkatan pelayanan kepada calon penumpang kereta api (KA) khususnya di wilayah Divre II Sumbar.

Mulai dari fitur aplikasi KAl Access untuk KA lokal, pembatalan tiket, pengembangan stasiun, serta yang terbaru yaitu, penambahan frekuensi KA Lembah Anai relasi Kayutanam BIM.

Insan menjelaskan penambahan frekuensi KA Lembah Anai merupakan salah satu kado HUT ke-74 KAI yang diberikan kepada masyarakat Sumbar. Sehingga, dengan adanya penambahan frekuensi KA Lembah Anai, yakni semula dari empat perjalanan (2xPP), menjadi enam perjalanan (3xPP), dapat menambah okupansi jumlah penumpang KA di wilayah Divre II Sumbar.

“Tepat pada 28 September 2019 kemarin, genap 74 Tahun HUT KAI, Harapan kami semoga PT KAI dapat terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon penumpang KA, khususnya di Sumatera Barat. Sehingga masyarakat Sumatera Barat tetap menjadikan angkutan kereta api sebagai moda transportasi pilihan,” ujar Insan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk bersama sama menjaga perkeretaapian Indonesia khususnya di wilayah Sumbar. “Mari kita bersatu beralih menggunakan transportasi massal agar Indonesia semakin maju sesuai dengan slogan HUT ke-74 KAI, KAI Bersatu Indonesia Maju. Ayo kita sayangi Kereta Api Indonesia dengan cara tidak membangun perlintasan sebidang dan melakukan pelemparan KA yang berpotensi merugikan diri sendiri dan orang lain,” ajaknya. (fardi)