Ranperda Perubahan APBD 2019 Berkurang Sebesar Rp123,4 Miliar

TABLOIDBIJAK (Padang) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019, Kamis malam, 6 Agustus 2019.

Rapat yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengatakan, proyeksi pendapatan daerah yang ditampung dalam Ranperda perubahan APBD 2019 sebesar Rp6,6 triliun lebih, atau berkurang sebesar Rp123,4 miliar dari proyeksi yang ditetapkan pada APBD 2019 awal yaitu sebesar Rp6,7 triliun lebih.

“Terjadinya penurunan disebabkan karna tidak terpenuhinya target penerimaan dari deviden BUMD, restribusi dan pendapatan BLUD RSUD,” ujarnya.

Dengan adanya pengurangan tersebut kata Hendra, maka berdampak terhadap alokasi belanja daerah, dimana pada Ranperda perubahan APBD 2019 dialokasikan sebesar Rp7 triliun lebih, atau berkurang Rp43,5 miliar lebih dari alokasi yang disediakan pada APBD 2019 awal.

Selain itu, pada perubahan APBD 2019 juga terdapat tambahan dan pergeseran anggaran antar jenis belanja. Oleh karena itu, agar tidak terjadi permasalahan dalam pelaksanaannya, tambahan dan pergeseran anggaran perlu diselaraskan dengan perubahan RKPD 2019 dan perubahan RKBMD 2019.

Dikatakannya, dari penyampaian pendapat akhir fraksi bahwa semua fraksi menyetujui hasil pembahasan terhadap Ranperda perubahan APBD 2019, dapat disetujui untuk dilanjutkan pada tahap pengambilan keputusan dalam paripurna.

“Anggota dewan telah menyetujui Ranperda perubahan APBD 2019 menjadi Peraturan Daerah (Perda),” pungkasnya. (fardi)