Minangkabau Fashion Festival Ajang Cari Desainer Berbakat

TABLOIDBIJAK (Padang) — Minangkabau Fashion Festival 2019 mencari bibit desainer muda dalam mengembangkan kreativitas para perancang busana dan pengrajin kain di Sumatera Barat (Sumbar).

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar Nevi Irwan Prayitno saat memberikan sambutan Minangkabau Fashion Festival 2019, di Hotel Kyriad Bumi Minang, Kamis malam, 15 Agustus 2019.

Dikatakannya, dengan semakin maraknya fashion di bidang muslim di tahun ini dan di tahun mendatang tentunya semakin banyak desainer muda yang bermunculan untuk meramaikan fashion muslim karena usia muda memiliki sisi dan pemikiran yang lebih kreatif dan produktif.

“Saat ini desainer muda di Sumbar sudah banyak yang bermunculan, ini dibuktikan banyaknya kalangan muda ikut pada kegiatan Minangkabau Fashion Festival 2019 ini,” ujar Nevi.

Ia berharap melalui kegiatan ini, pemerintah bisa selalu mendorong kreatifitas desainer untuk mengembangkan karyanya, dengan memberikan ruang dalam menampilkan kreatifitas generasi muda dalam melestarikan kekayaan minangkabau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian menyampaikan, dunia fashion di Sumbar bukan hal yang baru. Dengan ivent Minangkabau Fashion Festival dapat dijadikan sarana promosi kekayaan busana di Sumbar.

Kegiatan ini kata Ony, bertujuan untuk mengangkat kekayaan dan keunikan ragam hias, songket, batik minang serta tenun yang dimiliki oleh 19 kabupaten kota di Sumbar yang dikembangkan dalam desain motif kain dan kreasi busana yang mencerminkan ciri khas minang.

Minangkabau Fashion Festival 2019 diikuti 86 orang dengan empat perlombaan yang diselenggarakan yakni Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minangkabau, Kreasi Baju Muslim (Pesta), Desain Motif Batik Minang, dan Desain Asesoris Minang Modifikasi.

“Untuk pemenang lomba akan disediakan total hadiah sebesar Rp.100 juta, ditambah dengan piagam dan tropy,” pungkasnya. (fardi)