Pawai Alegoris Kota Pariaman Di Gelar Senin Star Balai Kota Berakhir Pantai Gandoriah

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)–Dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Pariaman melaksanakan Pawai Alegoris tingkat Kota Pariaman. Pawai alegoris Tahun 2019 kali ini bertemakan Kearifan Lokal, Perkembangan Pembangunan, Wawasan Nusantara, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Seni dan Budaya.

” Hari ini tim mengadakan rapat koordinasi untuk membicarakan persiapan pawai alegoris. Dalam Rapat ini, panitia juga akan mengonsep pawai alegoris Tahun 2019 di Kota Pariaman akan semeriah mungkin, ” ungkap Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti saat memimpin rapat persiapan pawai alegoris diruang rapat Walikota Kamis (15/8/2019).

Pawai alegoris di tingkat Kota Pariaman akan dilaksanakan  pada Senin 18 Agustus 2019 mulai pukul 14.00 Wib dimulai dari Balaikota Pariaman dan berakhir di Pantai Gandoriah.  

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Bakri mengatakan sebelum pawai alegoris dilaksanakan  kami telah membuka pendaftaran untuk sekolah – sekolah atau MDA dan lainnya yang ingin ikut dalam pawai alegoris ini mulai tanggal 9 Agustus.  

Yang terlibat dalam pawai alegoris antara lain TNI, Polri, Forkopimda, OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, BUMN/BUMD se Kota Pariaman, Kecamatan/Desa/kelurahan, PAUD/TK/Sekolah/Madrasah se Kota Pariaman dan Organisasi/Paguyuban yang berada di Kota Pariaman.

Masih seperti tahun lalu, pawai alegoris Tahun 2019 ini diperlombakan sesuai kategori. Ada 3 kategori dilombakan, Kategori Kaveleri/berjalan kaki, Kategori kendaraan hias dan kategori TK atau PAUD dengan total hadial Rp 29 jt.

“ Rute pawai alegoris kita bagi dua, pertama rute bagi berjalan kaki mulai dari Balaikota Pariaman, Polres Pariaman, Simpang Galombang, Jawi Jawi II, Simpang Sianik, Simpang kampuang Cino, Simpang Ahmadin, depan Hotel Nan Tongga dan berakhir didepan parkir Pantai Gandoriah Pariaman, “ tambahnya.

Sementara untuk berkendaraan rutenya Balaikota Pariaman, Simpang Lapai, Terminal Jati, Simpang Apa, Ampalu, Pauh, Simpang Ahmadin, depan Hotel Nan Tongga dan berakhir di Panggung Utama Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Ia berharap agar pawai alegoris ini bisa berjalan lancar dan meriah sehingga masyarakat Kota Pariaman merasa terhibur saat menyaksikan pawai tersebut dan kita semua berdoa semoga cuaca bersahabat pada hari pelaksanaan.(dewi lestari)