Perda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Disetujui DPRD Sumbar

TABLOIDBIJAK (Padang) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, Rabu (7/8/2019).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumbar. Hendra Irwan Rahim mengatakan dalam rangka menetapkan penataan penyelenggaraan tenaga kerja di Sumbar, bahwa tanggal 29 November 2018 sudah menetapkan usul prakarsa terhadap ranperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan menjadi prakarsa DPRD.

Lanjutnya, pada tanggal 30 November 2018 Komisi II Bidang Ekonomi sebagai pemprakarsa, telah menyampaikan nota penjelasan terhadap ranperda untuk dapat dibahas dan disepakati menjadi peraturan daerah.

Dikatakannya, setelah disampaikan secara resmi, ranperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, dibahas komisi II sebagai komisi terkait bersama Pemprov Sumbar.

Meski proses pembahasan tersebut memakan waktu cukup lama, karena banyak muatan ranperda yang harus disesuaikan kembali dengan perubahan regulasi dalam penyelenggaraannya.

Hal itu disebabkan, karena naskah akademis dan draft ranperda awal yang disampaikan, disusun sebelum keluarnya beberapa regulasi terkait dengan pelaksanaan empat sub urusan bidang tenaga kerja yang menjadi kewenangan Pemprov.

Dari pembahasan tersebut, Komisi II bersama Pemprov Sumbar telah merampungkan pembahasan terhadap Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Ia berharap pada paripurna kali ini dapat disepakati menjadi Perda.

Setelah pengambilan keputusan terhadap ranperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, dilanjutkan Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD tahun 2019. (fardi)