Pemko Pariaman Gelar Lomba Lansia Sehat Tingkat Sumbar

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Pariaman ke-17 dan memperingati Hari Lanjut Usia ke-23, Dinas Kesehatan Kota Pariaman  mengadakan  lomba lansia sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat di Rumah  Sehat Lansia Karan Aur Kota Pariaman Senin (8/7/2019).

” Lomba lansia sehat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lansia ke-23 bertepatan dengan HUT Kota Pariaman  ke-17,  makanya kita ambil pelaksanaannya hari ini, “ ungkap Plt.kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul.  

Lomba Lansia Sehat Tahun 2019 mengusung tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan bermartabat ini dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini Senin, 8 juli 2019 sampai selasa 9 juli 2019. Lomba ini diikuti oleh 19 Kota/kabupaten di Sumatera barat.

Kegiatan ini terintegrasi dengan PKK Kota Pariaman dan Provinsi sehingga melalui PKK ini bisa langsung mengundang para lansia se Sumatera barat untuk ikut berpatisipasi dalam lomba lansia sehat. Ada dua jenis bidang yang diperlombakan pada lomba lansia sehat, pertama lomba lansia sehat berpasangan dan kedua lomba senam lansia, dan untuk senampun ada jenis pra lansia dan lansia.

” Untuk senam lansia memang ada dua jenis kelompok yang diperlombakan, senam pra lansia sehat dan senam lansia sehat. untuk pra lansia kategorinya 45 – 59 dan lansia kategorinya 60 tahun keatas, satu grup terdiri dari 6 orang dengan durasi senam 10 menit(pemanasan, inti dan pendinganan) dan jenis senam lansia kreasi bebas, “ terangnya.

Lomba lansia sehat dan senam lansia ini akan memperebutkan hadiah dengan total 18 juta rupiah dengan pemenang yang akan diambil juara I, II, III, harapan I dan II. Lomba lansia sehat ini menjadi agenda tahunan Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Sementara untuk Lomba lansia sehat berpasangan ini kriterianya berpasangan, usia 60 tahun keatas, berbusana dari daerah masing – masing, sesuai dengan umur dan yang paling penting cek kesehatan.

” Cek kesehatan pada lomba lansia dilakukan langsung Tim diketuai Dr.Dayat spesialis penyakit dalam. Penyecekan terdiri dari berat dan tinggi badan untuk mengetahui Indeks Masa Tubuh untuk selanjutnya dicek lingkar pinggang, mata, telinga, tangan, kaki, jantung dan terakhir dilakukan cek laboratorium untuk mengetahui gula darah, asam urat kemudian kolesteror, “ tambahnya.

Lomba lansia ini merupakan agenda setiap tahun namun tahun 2019 ini konsepnya sedikit berbeda dari tahun – tahun sebelumnya karena tahun ini lombanya lebih ke tingkat provinsi.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini para lansia akan berupaya untuk tetap hidup sehat dan mandiri sekaligus menjadikan lansia Kota Pariaman Lansia Mandiri, Sejahtera dan bermartabat.(dhewie)