Kades Sikabu Pariaman Selatan Syamsuhardi Koto “3 Klik Surek Salasai”

 

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan Syamsuhardi Koto , menuturkan sesuai dengan perkembangan zaman semakin canggih di bidang teknologi  banyak inovasi bisa dibuat salah satunya  untuk meningkatkan pelayanan informasi terpadu pada masyarakat ketika mengurus administrasi di berbagai instansi pelayanan jasa termasuk kantor desa dan kelurahan.

Hal itu dituturkan Syamsuhardi Koto, Jum’ay (5/7/2019) di ruang kerjanya.  Untuk itu Pemerintah Pusat meminta semua pemimpin daerah mulai dari tingkat tertinggi sampai terendah untuk bisa melakukan inovasi-inovasi yang bisa memudahkan khalayak ramai untuk melakukan urusan mereka,

Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan. Dibidang pelayanan informasi terpadu masyarakat sudah melakukan inovasi semenjak empat bulan lalu bernama “3 KLIK SUREK SALASAI”, maksudnya dengan melakukan 3 klik saja seluruh urusan mayarakat Desa Sikabu terselesaikan.

Syamsuhardi Koto mengatakan alasan membuat inovasi ini karena selama menjabat sebagai kepala desa merasa jenuh dan bosan karena melihat hal yang sama setiap harinya di kantor dengan masyarakat yang datang untuk mengurus surat menyurat antri dalam menunggu pelayanan dan terkit dengan  surat-surat tidak selesai saat itu juga sehingga keesokan harinya mereka harus datang lagi ka kantor desa.

“Jadi dengan keadaan yang serba ribet itu dan butuh waktu yang lama dalam proses pengurusan surat menyurat tersebut timbulah ide bagaimana cara membuat masyarakat datang berurusan bisa merasa nyaman, senang, dan tidak berulang-ulang datang dengan urusan yang sama maka dari pikiran tersebut timbulah inovasi dengan nama 3 Klik Surek Salasai (3 klik surat selesai)”, ujar nya

“Maksud dari 3 Klik Surat Selesai adalah jika ada masyarakat Desa Sikabu yang datang berurusan ke Kantor mereka tidak perlu lagi menunggu lama hanya dalam tempo waktu kurang lebih lima menit semua urusan mereka selesai, yang perlu dilihat adalah apakah sudah adanya data penduduk disana yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) yang mereka bawa lalu di cek datanya di aplikasi dengan proses klik pertama nama kk, klik kedua expose dan klik ketiga proses pencetakan”, jelasnya. (desi)