Wagub Sumbar dan Wawako Padang Rapat Persiapan PENAS KTNA XVI

BIJAKONLINE (PADANG)—–Dengan didampingi Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memimpin langsung rapat Perkembangan Persiapan PENAS KTNA XVI di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Air Pacah, Kamis (13/6/2019).

Sebagaimana diketahui, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) XVI yang akan diselenggarakan pada 20-25 Juni 2020 mendatang. Acara tersebut yang akan dihadiri sekitar 60 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

Di kesempatan itu, Nasrul Abit menegaskan, seluruh progres persiapan PENAS KTNA XVI harus dipercepat, mengingat waktu pelaksanaan tinggal satu tahun lagi. Termasuk yang paling penting, site plan lokasi acara yang berada di Kelurahan Air Pacah harus segera selesai dan bisa digunakan secepat mungkin.

“Di acara ini juga akan digelar teknologi pertanian, untuk itu lahan yang akan digunakan sudah bisa ditanami dari sekarang. Dan kalau ada kendala harus segera diselesaikan”, ujar Nasrul.

Ia menambahkan, persiapan lainnya yang juga harus dimatangkan dari sekarang yaitu penginapan peserta PENAS KTNA XIV baik yang akan menggunakan hotel, wisma, maupun rumah masyarakat. Serta, kesiapan warga Kota Padang dalam menyambut tamu yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, seluruh tanggungjawab dan tugas Pemko Padang dalam pelaksanaan PENAS KTNA XVI akan dilakukan dengan maksimal. Baik dari sisi anggaran, pengerjaan fisik lokasi acara mapun pelaksanaan kegiatan PENAS KTNA itu sendiri.

“Sebagai tuan rumah bersama Provinsi Sumbar, kita akan terus meningkatkan koordinasi dengan pihak provinsi untuk peningkatan progres persiapan acara PENAS ini”, ungkap Hendri.

“Dan kita berharap, PENAS KTNA dapat memberikan efek positif bagi kemajuan pertanian, peternakan, dan nelayan di Kota Padang dan di Sumatera Barat”, imbuhnya lagi.

Rapat Perkembangan Persiapan PENAS KTNA XVI juga diikuti Sekda Provinsi Sumatera Barat Alwis, Asisten II Provinsi Sumatera Barat Beni Warlis, Sekda Kota Padang Amasrul, Kepala SKPD terkait dari Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, KTNA Sumatera Barat, serta seluruh unsur yang terkait dengan PENAS KTNA.

Setelah pelaksanaan rapat tersebut, Wagub Nasrul Abit dan Wakil Wali Kota Hendri Septa bersama peserta rapat melihat langsung lokasi acara PENAS KTNA XVI di Air Pacah, tepatnya di kawasan sekitar Balai Kota Padang.(*)

Pewarta: Ulil Amri Abdi/ Ady Syaflian/ Muliadi