Wako Genius Resmikan Pemakaman Umum (TPU), Lambau Taratak

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi usaha Dua Kelurahan di Kota Pariaman, Lurah Taratak dan Lurah Jalan Kereta Api, karena  dua keluarahan ini berusaha untuk memperluas area Pemakaman Umum di kelurahan Taratak, menjadi lebih besar dan luas, sehingga dapat menampung masyarakat di sekitarnyaa daerah ini, ketika menghadap sang khalik, rumah  kita yang kekal nantinya.

Hal tersebut disampaikan, Genius Umar ketika meresmikan Pandam Pakuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU), Lambau Taratak, Kecamatan Pariaman Tengah, Selasa (11/6/2019).

Genius Umar didampingi Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, dihadiri juga  Anggota DPRD Kota Pariaman terpilih, Forkopimda, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah se Kota Pariaman, para undangan serta masyarakat sekitar.

“Kami menyambut baik upaya pelebaran TPU ini, dan berdasarkan laporan panitia tadi, yang akan dikuburkan disini bukan hanya warga dari dua kelurahan ini saja, tetapi desa dan kelurahan yang ada di sekitar lokasi TPU ini, untuk itu kami mengucapkan terimakasih untuk hal itu”, ucapnya.

Pelebaran Pakan Pakuburan Lambau Taratak ini, dilaksanakan dengan cara “Badoncek”, dimana seluruh masyarakat, baik yang di ranah maupun di rantau, turut menbantu menyumbang untuk pembebasan  lahan yang akan dipakai untuk pelebaran.

“Dengan meneruskan tradisi badoncek ini, kami yakin, kekompakan warga akan semakin terjalin, dan rasa memiliki dan merawat juga akan semakin kuat, kami dipemerintahan juga akan membantu dengan apa yang kami bisa”, tutupnya.

Menurut Ketua Panitia Peresmian Pandan Pakuburan Lambau Taratak ini, M. Sidik Yasin mengungkapkan, bahwa dana yang diperlukan untuk pelebaran dan perluasan Pandan Pakuburan Lambau Taratak ini, menelan biaya sebesar Rp. 350 Juta rupiah, sudah termasuk biaya balik nama dan pengurusan surat-surat tanah di notaris.

“Kami telah mengumpukan dana secara swadaya selama setahun ini, dan telah terkumpul sebanyak Rp. 166 Juta rupiah, sehingga kami masih membutuhkan dana sebanyak Rp. 184 Juta rupiah lagi, semoga pada hari ini dapat terkumpul”, jelasnya.

Saat ini, Pandan Pakuburan Lambau Taratak mempunyai luas 1250 M persegi, dan rencana akan diperluas menjadi 2500 M persegi.

Setelah acara peresmian, wako, wawako dan undangan dijamu dengan makan bersama yang masakanya dimasak oleh ibu-ibu dari warga sekitar. (J)