Desa Sikabu Masuk Berprestasi Tingkat Sumbar

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Walikota Pariaman, Genius Umar membuka Penilaian Lomba Desa dan Lurah berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat,  diwakili Desa Sikabu, Pariaman Selatan, Selasa (11/6/2019).

Ketua Tim penilaian  dari Dinas PMDes, Kesbangpol, Mantan Sekda Prov Sumbar, Rusdi Lubis, didampingi Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Indriati Mardison, Forkopimda, Camat, Kepala desa/lurah, OPD dilingkungan Pemko Pariaman serta Bundo Kanduang Kota Pariaman.

Genius Umar mengatakan Kota Pariaman cukup spesifik, untuk kebersihan desa. Karena  kita membentuk namanya barakai desa, untuk keamanan desa,  ada juga dubalang desa dan untuk kegiatan keagamaan kita membentuk penyuluh agama satu orang tiap desa.

Petugas ini honornya dibayarkan  dari dana desa, itulah berbagai hal kegiatan yang bisa diakomodir melalui dana desa guna mengembangkan percepatan pembangunan di masing-masing desa tersebut.

” Ada beberapa inovasi khusus yang telah dilakukan desa sikabu ini, desa sikabu memiliki staf ahli dibidang masing-masing yang diangkat oleh kepala desanya sendiri “, ujarnya.

Lebih jauh dismpaikan Pemko Pariaman telah  membuat kebijakan semua eselon II untuk menjadi Penanggung Jawab (PJ) kepala desa.  Tujuannya supaya program Pemko Pariaman dalam rangka membangun daerah ini bisa langsung masuk ke desa/kelurahan.

Selain itu agar eselon  II ini juga dapat membantu bagaimana upaya untuk memperbaiki administrasi di pemerintahan  desa serta membantu manajemen pemerintahan di desa.

?Kami mengupayakan, melalui Dinas PMDes Kota Pariaman nanti mantan PJ kepala desa ini dapat kita buatkan SK nya kembali untuk menjadi pendamping di desa masing-masing dimana dia pernah menjadi PJ di desa tersebut, sehingga kita bisa melakukan percepatan antara kualitas pekerjaan yang ada di pemerintahan dengan di desa dapat seimbang.

Diharapkan Desa Sikabu bisa menjadi contoh untuk semua desa di Kota Pariaman bagaimana bisa memulai program smart village ini di masing-masing desa, pemerintah desa dapat berkonsultasi langsung melalui Dinas Kominfo Kota Pariaman tentang bagaimana mengelola sistem informasi desa smart village ini.

Desa Sikabu memiliki produk unggulan UKM seperti pengolahan talas, kuliner  katupek gulai tunjang, bordir dan rajut, membuat mabel/prabot dan pengrajin tas. Kemudian juga memiliki perhatian khusus untuk pendidikan disabilitas melalui sarana pendidikan SDLB SABILUNA dan kegiatan keagamaan mengaji malam di surau gonjong.

Usai acara seremonial, dilanjutkan dengan ekspose dari Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi Koto yang langsung dinilai oleh juri Provinsi Sumbar. (Erwin)