Pemko Pariaman Menanam Mangrove Di Desa Apar

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Wali Kota, Genius Umar dan Wakil Wali Kota, Mardison Mahyuddin serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menanam Mangrove di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Sabtu (1/6/2019). Kegiatan ini bertepatan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila.  

Hutan Mangrove di Desa Apar, saat ini menjadi wisata ecotourism yang sangat diminati wisatawan dan pengunjung serta anak-anak milenial yang datang untuk berselfie di kawasan tracking mangrove dalam kawasan ini.

“Hutan Mangrove mempunyai banyak sekali manfaat seperti penyuplai oksigen terbesar bagi bumi dan juga berfungsi sebagai ekologi lingkungan, selain fungsi utamanya untuk penanggulangan bencana”, ujar Genius.

“Kita berharap, Hutan Mangrove yang sempat dirusak orang tidak bertanggung jawab, dapat kita perbaiki kembali dengan cara merehabilitasi menanam kembali mangrove di lokasi tersebut, sehingga Hutan Mangrove, kembali dapat tumbuh seperti sediakala, dan menjadi penopang ekosistem bagi pesisir pantai “, ulas lulusan Doktor (S3) IPB, Program Manajemen dan Kebijakan Pengelolaan SDA dan Lingkungan Tahun 2007 ini.

Genius mengungkapkan penanaman ini dilakukan pada bulan Ramadan, sehingga amal kebaikan kita bagi  yang melakukan penanaman mangrove di Hutan Mangrove yang rusak di Desa Apar ini, pahalanya akan belipat ganda

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda, Stakeholder terkait dan organisasi peduli lingkungan, yang turut serta melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, dimana kita langsung action ke lapangan, dalam menjaga Bumi kita dan bangsa kita secara keseluruhan”, tutupnya.

Acara ini diprakarsai oleh Kodim 0308 Pariaman dengan melibatkan pemerintah dan seluruh jajaran Forkopimda serta stakeholder terkait.

Dalam keterangan Komandan Kodim (Dandim) 0308 Pariaman, Letol Arm. Heri Pujiyanto mengatakan kegiatan ini dalam rangka kepedulian kita terhadap lingkungan, yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan HUT Kodam I Bukit Barisan.

“Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan kita yang beberapa waktu lalu menggelar penanam pohon di sepanjang pesisir pantai Pariaman, dan saat ini kita merehabilitasi Hutan Mangrove di Kota Pariaman ini, yang kemaren sempat dibabat orang yang tidak mengerti tentang arti pentingnya mangrove” tukasnya.

“Ketika kita menjaga alam dan lingkungan, maka alam dan lingkungan juga akan menjaga kita, karena itu, kami di Kodim 0308 Pariaman, selalu berupaya untuk menjaga alam kita agar tetap lestari” ulasnya mengakhiri. (J)