Wagub Sumbar: Arus Mudik Padang-Bukittinggi Rame Lancar

TABLOIDBIJAK (Padang Pariaman) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit meresmikan jembatan Batang Kalu, Nagari Kayu Tanam yang menghubungkan Padang-Bukittinggi yang terputus sejak akhir 2018 lalu karena hantaman banjir bandang.

“Hari ini jembatan Batang Kalu kita buka dan bisa dilewati pengendara dengan dua jalur. Sehingga arus mudik Rame lancar,” ujar Nasrul saat meresmikan, Kamis, 30 Mei 2019.

Wagub mengakui, awalnya sempat khawatir bila pembangunan Jembatan Batang Kalu tidak selesai sampai lebaran Idul Fitri tahun ini. Sebab, bisa berkibat pada kemacetan total ketika arus mudik karena jembatan ini merupakan jalur penting yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Pekanbaru sampai Medan.

Terkait itu, ia mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum beserta jajaran yang telah menyelesaikan proyek pembangunan Jembatan Batang Kalu sebelum waktu rawan mudik.

Apalagi kata Nasrul musim mudik tahun ini jumlah pemudik di Sumbar diprediksi naik 30 persen sampai 40 persen.

Sementara, Kepala Balai Pelaksanaan jalan Nasional III Padang Aidil Fikri mengatakan proses pembangunan Jembatan Batang Kalu berlangsung selama 2,5 bulan. Biaya yang dihabiskan mencapai Rp 10 miliar lebih dengan panjang jembatan diketahui 30 meter dan lebar 10 meter.

Aidil berharap Jembatan Batang Kalu dapat memperlancar arus mudik di Sumbar. Andai volume kendaraan naik menjelang lebaran, kata Aidil dua jembatan darurat yang digunakan selama pembangunan jembatan Batang Kalu dapat dioperasikan kembali. (fardi)