Wagub Sumbar: Kementerian PUPR Setujui Trase Tol Padang-Pekanbaru di Ubah

TABLOID BIJAK (Padang Pariaman) — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengeluarkan surat persetujuan perubahan trase jalan tol Padang-Pekanbaru.

Perubahan tersebut didasarkan kepada permintaan masyarakat Lubuk Alung dan Sicincin. Pasalnya, jika tetap menggunakan trase yang lama, akan menggusur 246 rumah masyarakat.

“Permintaan itu berdasarkan permintaan masyarakat sewaktu rapat di Kantor Bupati Padang Pariaman, Senin, 22 April 2019 lalu,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit usai melakukan Safari Ramadhan di Masjid Jami’, Sicincin, Rabu malam, 22 Mei 2019.

Dengan sudah disetujui perubahan trase, Wagub meminta Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk bisa membantu, bagaimana kelancaran jalan tol bisa terlaksana.

“Jadi bagaimana ini segera dilakukan pematokan, dan setelah itu kita turun ke aprisal yang baru, sehingga harga untuk masyarakat nantinya benar-benar sesuai dengan harga pasaran, tentu juga mulai dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan harga sekitar,” ujar Nasrul.

Selain itu, ia juga meminta untuk segera menyiapkan dokumen-dokumen transaksi yang terjadi ditanah setempat, sebagai acuan bagi aprisal dalam penetapan harga.

Sementara itu, Walinagari Sicincin, Aji Nurkhalis mengatakan, perubahan trase tersebut direncanakan akan dipindahkan kearah timur Sicincin.

Dijelaskannya, untuk proses pembebasan lahan, saat ini masyarakat belum tahu. Sebab, titik koordinatnya belum jelas.

“Jika nanti sudah sesuai dengan pihak Hutama Karya, akan kita lakukan musyawarah. Dan setelah ada persetujuan baru akan dilaksanakan pematokan, supaya tidak terjadi lagi permasalahan antara Pemerintah dengan masyarakat,” jelasnya. (fardi)