Kemendagri RI Cahyo Kumolo Undang Gubernur Bupati Walikota Ke Jakarta

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, mengundang para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia ke Jakarta, untuk melakukan Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Konflik Sosial, dengan tema Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, dalam rangka merekat persatuan dan kesatuan Bangsa pasca Pemilu serentak 2019.

 

Kegiatan yang berlangsung pada Jum’at, tanggal (17/5/2019) di Hotel Paragon, Jalan Hayam Wuruk Jakarta, dibuka langsung oleh Menteri Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto dan di hadiri Mendagri, Tjahyo Kumolo.

Rakornas ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan koordinasi sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Nasional, dalam rangka mengantisipasi potensi konflik sosial yang mungkin terjadi pasca Pemilu Serentak 2019.

“Pertemuan ini sangat penting untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional, karena pasca Pemilu Serentak 2019, tidak dipungkiri adanya potensi terjadinya ancaman terhadap stabilitas nasional, dan apabila kondisi ini tidak kita sikapi dengan baik, akan berujung terhadap disintegrasi bangsa”, demikian disampaikan oleh Wiranto dalam sambutan pembukaan.

Kemudian ditambahkan Bangsa indonesia telah berhasil melaksanakan pemilu serentak yang diyakini sebagai pemilu yang terbesar dengan konpleksitas dinamikanya, namun bangsa indonesia dengan modal persatuan dan kesatuan bangsa, mampu melewatinya dan mendapat apresiasi dari dunia internasonal.

Sedangkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang turut hadir sebagai salah seorang peserta rakornas ini menyampaikan bahwa, dari arahan Menko Polhukam tersebut, jelas pasca pemilu serentak yang baru saja kita lewatkan, memang perlu dibangun kembali kesatuan pemahaman kita dalam memandang situasi nasional, dan perlu membangun sinergitas antar elemen bangsa”, ujarnya.

“Sebagai kepala daerah, kita dituntut harus mampu menetralisir potensi-potensi konflik yang akan timbul di daerah kita masing-masing”, ungkapnya.

“Kepala daerah beserta perangkat dan kelembagaan di daerah harus mampu mengendalikan dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang berpotensi menyebabkan konflik sosial di wilayahnya masing-masing sehingga tidak ada rembesan ke pemerintah pusat”, tutup Genius, yang pada saat itu duduk bersebelah dengan Bupati Padang Pariaman Ali  Mukhni.

Hadir mendampingi walikota dalam acara tersebut Kakan Kesbang Pol Kota Pariaman Efirizal, Inspektur kota Pariaman Yota Balad SSTp, M.Si. (H)