Jelang Harkitnas, Wagub Sumbar Ajak Generasi Muda Pelajari Sejarah

TABLOIDBIJAK (Sijunjung) — Menjelang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019, yang jatuh pada 20 Mei, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan, Harkitnas merupakan semangat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kemerdekaan yang timbul karena Indonesia selalu dijajah oleh Belanda dan Jepang dalam waktu yang sangat lama.

“Jadi dengan semangat persatuan dan kesatuan itulah timbul Harkitnas tersebut. Sekarang tugas kita adalah melanjutkan cita-cita pembangunan tersebut” ujar Nasrul Abit usai Safari Ramadhan di Mesjid Nurul Falah, Taratak Malintang, Jumat malam, 17 Mei 2019.

Wagub mengajak generasi muda agar mempelajari sejarah, karena mengambil kemerdekaan tidaklah mudah dan mesti mengorbankan jiwa dan juga harta benda.

“Isilah kemerdekaan ini sesuai dengan zaman nya, artinya kita melanjutkan estapet pembangunan ini dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan cita-cita bangsa” sebutnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Nomor 335 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019, maka tema yang diangkat adalah “bangkit untuk bersatu”.

Dikatakanya, untuk pelaksanaan upacara bendera di Pusat, akan dilaksanakan pada masing-masing Kementerian/ Lembaga Non Kementerian. Sedangkan untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sendiri, upacara bendera akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, mulai pukul 08.00 WIB. (fardi)