Direktur Pustaka Artaz Armaidi Tanjung Lakukan Kerjasama Dengan SMKN 2 Pariaman

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Pariaman lakukan kerjasama dengan Pustaka Artaz untuk memperkuat perpustakaan dan literasi sekolah. Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya SMKN 2 Pariaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa dan guru.

Demikian disampaikan Kepala SMKN 2 Pariaman Arrahmi, saat menandatangani perjanjian kerjasama dengan Penerbit dan Pustaka Artaz terkait pemanfaatan Pustaka SMKN 2 Pariaman, Rabu (15/52019) di ruang kerjanya, SMKN 2 Pariaman.

Menurut Arrahmi, pihaknya akan menyediakan sarana baca/literasi bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pengetahuan dan minat baca.

“Sedangkan Pustaka Artaz nantinya akan melakukan pendampingan bantuan teknis meliputi penitipan buku, peningkatan kualitas pustakawan melalui praktek magang, melakukan penelitian dan narasumber terkait kegiatan literasi,” kata Arrahmi.

Kerjasama ini juga dimaksudkan dalam rangka usaha pihak sekolah melayani siswa. Kegiatan literasi merupakan salah satu kegiatan sekolah ramah anak yang menjadi target dari SMKN 2 Pariaman, tutur Arrahmi yang juga Ketua Bundo Kanduang Kota Pariaman ini.

Sementara itu, Direktur Pustaka Artaz Armaidi Tanjung menambahkan, dalam pendampingan peningkatan literasi ini dilakukan upaya meningkatkan baca siswa. Selain itu memberikan bimbingan/arahan dalam peningkatan kualitas pustaka SMKN 2 Pariaman.

“Salah satu tantangan terberat dalam literasi ini adalah rendahnya minat baca kalangan pendidikan, baik siswa maupun guru. Hal ini semakin diperparah dengan adanya hape android. Dimana siswa lebih akrab dengan android ketimbang buku. Sumber informasi dan pengetahuan hanya diambil dari google melalui android,” kata Armaidi Tanjung yang juga terpilih sebagai Pengurus Dewan Pendidikan Kota Pariaman periode 2019-2024 ini.

Rendahnya minat baca buku ini memang membutuhkan perhatian khusus. “Secara pribadi saya sudah mencoba memberikan apresiasi kepada siswa yang banyak membaca buku dengan memberikan reward buku. Ke depan ini hendaknya bisa didorong dan ditingkatkan sehingga semangat membaca siswa terus meningkatkan,” kata Armaidi Tanjung yang juga penulis sejumlah buku ini.

Usai melakukan penandatangan MoU, Arrahmi dan Armaidi Tanjung melakukan peninjauan ke Pustaka Mini yang ada di lingkungan SMKN 2 Pariaman. Pustaka Mini yang menyediakan buku-buku non mata pelajaran, termasuk sejumlah buku yang ditulis Armaidi Tanjung. (rel/aa)