Kenakalan Remaja Marak, Wagub Sumbar: Balapan Liar Sangat Meresahkan

TABLOIDBIJAK (Padang) — Maraknya kenakalan remaja yang terjadi saat bulan ramadhan tahun ini, tidak hanya tawuran saja, namun balapan liar juga dilakukan remaja.

“Selain tawuran, balapan liar ini juga menjadi kebiasan yang dilakukan remaja di bulan ramadhan, bahkan di Depan Rumah Dinas saya sering lihat anak-anak ini berkumpul untuk mulai balapan. Jam 2 atau 3 malam, ini kan sangat menggangu,” ujar Wagub, Senin malam, 13 Mei 2019, saat safari ramadhan ke Masjid Ar Rahman, Jalan Kampung Jua, Lubuk Begalung.

Dikatakannya, balapan liar ini sangat tidak baik bagi generasi muda, sebab resiko yang ditimbulkan sangat tinggi. Karena dapat merenggut nyawanya dan membahayakan orang lain di jalan raya.

“Mereka balapan di jalan raya, tentu dari segi keamanan berkendara tidak lengkap. Ini dapat bahayakan diri mereka, bisa nyawa taruhannya, begitupun juga orang lain dijalan bisa terkena dampak resiko balapan ini,” katanya.

Selain itu, ungkapnya balapan liar ini juga dapat menimbulkan perkelahian antar pebalap, sebab balapan ini akan menimbulkan perselisihan antar kelompok. Tentu akan menimbulkan keributan lain lagi, ujung-ujungnya akan bentrok antar kelompok.

“Untuk itu, orang tua dan lingkungan sekitar mesti melakukan pengawasan dalam hal ini, jangan biarkan anak-anak kita lepas kontrol, apalagi berkegiatan yang membahayakan dirinya apalagi masa depannya masih panjang,” ulasnya.

Kemudian, tutur Wagub meminta aparat berwajib meningkatkan patroli selama ramadhan ini, melihat kondisi titik yang dijadikan ajang balapan liar ini. Jika ada ditemukan balap liar segera lakukan penindakan, sebab ini sangat membahayakan dan meresahkan masyarakat sekitar. (fardi)