Ramadhan Menjadikan Pribadi Yang Unggul

Bulan Ramadhan telah kita lalui tiga hari, berkah yang kita dapatkan sudah mulai terasa, menahan nafsu serta makan dan minum merupakan cara kita untuk menginggat Allah Swt. Ramdhani ni diharapkan semua umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh agar kita mendapat kemuliaan dan tidak sia-sia karena takada  yang tahu apakah kita bertemu lagi dengan ramdhan berikutnya. Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai  taqwa dan berharap untuk mendapatkan ampunan dosa, berlipat gandakan kebaikan dan pengangkataan derajat. Maka kita hendaknya pada bulan Ramdhan di pergunakan untuk berbagai amalan kebaikan, seperti sholat, sedekah, membaca Al-Qur’an, dzikir, doa dan istighfar. Ramadhan adalah kesempatan bagi umat muslim untuk membersihkan hati dari kerusakan.

Padabulaninihendaknyakitabisaberhijrahmenjadiperilaku yang lebih baik dengan menjaga diri dari segala dosa. Berkata yang haram, melihat dan mendengar yang haram agar ibadah puasa diterima dan orang yang berpua samemperoleh ampunan serta pembebasan dari api neraka.

Ibadahtelahkitakomitmenkandengansyahadat‘’Asyahauallailahaillallahwaasyahaduanamuhammadarrasulullah’’. Kalimat syahadat ini adalah janji suci kita dalam ber islam. Artinya kita telah sepakat bahwa islam sebagai jalan menuju tercapainya dunia bahagia akhirat surga. Dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan kita telah melakukan rukun islam yang ketiga untuk menyempurnakan  rasa cinta kita terhadap Allah Swt di bulan Ramadhan ini kita mengejar kebaikan dan menjadi pribadi yang  lebih baik.

Sebelumnya ,kita lihat raealitas Pada masa sekarang ini problem moral semakin merosot, semakin banyak masyarakatk hususnya pemuda-pemudi bangsa ini yang kian jauh dari norma agama.  Ada yang berbuat laksana binatang yang tanpadiawali pikiran jernih,  jauh dari sehatnya hati serta sikap yang salah dan menyimpang.

Lesbi Gay Biseksual Tansgander (LGBT), Bulying, Pelecehanseksual, dan etika kepada orangtua. Sikap ini menjadi kerisauan ditengah masyarakat,  mengapa tidak ? penyakit hati tersebut dapat menimbulkan kerusakan sosial. Dengan adanya Ramadhan ini Maka bersyukurlah kepada Allah atas kesempataan yang diberikan-Nya untuk memperbaiki diri dibulanRamdhan ini dengan diawali dengan taubatan Nasuha bentuk perubahan total berjanji tidak mengulangi kesalahan dan dosa yang sudah dilakukan. Ramdhan yang penuh berkah ini ialah pintu agar kita kembali mendapat kedekatan ridho Allah.

 

SedekahRamadhan

            Salah satu yang dianjurkan Ramdhan ialah mengeluarkan sedekah kalo kita ingin mengejar pahala sedekah yang paling afdhol pada bulan Ramdhan.Nabi Muhammad SAW sangat dermawan akan tetapi Beliau lebh dermawan lagi pada Ramdhan. Jangan takut harta habis dengan bersedakah karena sebenarnya harta kita adalah seberapa besar yang kita berikan kejalan Allah. Jangan mamakai matematik amanusia, seakan rugi jika bersedekah ini salah besar.Ikutilah matematika Allah pasti mendapat balasan, yakin lanlah karena Rezki adalah kepunyaan Allah.

 

Membaca Al-Qur’anulKarim

            Disunnahkanmenghatamkan Al-Qur’an setia minggu dan setiap hari membaca sepertujuh dari Al-Qur’an karena Ramadhan adalah waktu yang mulia untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan untuk dibaca seorang muslim direnungkan dan dipahami makna, perintah dan larangannya. Kemudian diamalkan sehingga ia akan menjadi hujjah baginya dihadapan Allah dan pemberi syafaat pada hari kiamat. Allah telah menjamin bagisiapa saja yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isikandungannya tidak akan tersesat di dunia dan celaka di akhirat

 

MelaksanakanSholat

            Setiap muslim wajib berpuasa karena iman dan menghrapkan pahala dari Allah tidak karena Riya. Berpuasa tetapi meninggalkan sholat berarti telah meninggalkan rukun terpenting dari rukun-rukun islam setelah tauhid.  Jadi Puasa tidak bermanfaat baginya selama ia meninggalkan sholat. Sebab sholat adalah tiang agama diatasnyalah  agama tegak dan orang yang meninggalkan sholat hukumnya adalah kafir. Sebaiknya dalam Ramdhan kita melaksanakan shalat sunnah seperti tahujud dan duha. Setiap malam Rmadhan kita juga malaksanan sholat terawih dengan menjalankanya kita mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu dan sholat terawih berimam seperti sholat semalam penuh.

 

Silaturrahmi

            Semakin banyak yang kita kenal membuat kita semakin betah hidup, menjaga silaturahmi mampu menjaga kita dalam kebaikan.Bangunlah siturrahmi yang baik antar sesame manusia, khususnya kepada sesama  umat muslim karena sebaik-baiknya silturrahmi adalah yang berdasarkan cint akepada Allah. Dengan silturahmi jejaring rezeki semakin luas pada bulan Ramadhan ini kita juga dapat membangun ukhwah yang lebih baik.

 

            Semoga ibadah puasa Ramadhan ini menjadi kan diri kita istiqomah untuk selalu berbenah diri sekuat hati menjaga diri agar tidak kembali kejalan maksiat, keburukan dan  keji. Berhijralah secara totalitas di bulan penuh berkah ini.Milikilah sikap tegas dalam menolak langkah yang ditawarkan syetan.Semoga Allah menuntun kita selalu di Jalan-Nya.

           

Penulis

Uky Firmansyah Rahman Hakim Mahasiswa Magister Komunikasi Penyiaran Islam

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta