Pemko Pariaman Kerjasama Dengan BNI 46 Pengelolaan Bumdes

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) 46, Persero. Tbk, gelar Sosialisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kota Pariaman, dalam rangka implementasi Smart City Pariaman, di Hotel Nan Tongga, Kamis (2/5/2019).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan saat ini, Pemko Pariaman telah bekerjasama dengan BNI 46, dalam penyaluran Tunjangan Penambah Penghasilan (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pariaman.

“Selain kerjasama dalam penyaluran TPP, kami juga berharap BNI 46 sebagai BUMN yang telah terbukti berhasil dalam berbagai hal, salah satunya dengan pendampingan BUMDes yang telah sukses di daerah lain, yang kita harapkan dapat diimplementasikan juga di Kota Pariaman”, ujarnya.

Genius juga mengharapkan agar BUMDes yang ada, bisa menggali potensi dari masing-masing desa, dan spesifikasi dari BUMDes yang telah ada, sehingga lebih fokus dan mempunyai nilai jual.

“Nanti kita menginginkan ada BUMDes yang bergerak di bidang Pariwisata, UKM, Kulier, eco tourism dan keberadaanya nanti mempunyai dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar dan khusunya Kota Pariaman”, tutupnya.

Wakil Pimpinan BNI Wilayah Sumbar, Riau, Kepri, Iwan Affandi, mengatakan, bahwa pihaknya, yaitu BNI 46, telah banyak melakukan kerjasama dengan beberapa daerah dalam pengembangan BUMDes nya, sampai sukses seperti sekarang.

“Diharapkan dengan sharing informasi dan sosialisasi pengelolaan BUMDes yang ada di Kota Pariaman ini, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa”, ungkapnya.

ia juga mengatakan bahwa di BUMDes nantinya, juga bisa sebagai tempat menabung, simpan pinjam, pembayaran PBB, pembayaran listrik dan lain sebagainya, yang terintegrasi dengan mudah, sehingga, dapat lebih mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat desa dan Kota Pariaman umumnya, ulasnya mengakhiri.

Kota Pariaman mempunyai  55 Desa, sedangkan yang telah mempunyai BUMDes sebanyak 30 Desa, dan 30 Desa inilah nantinya akan menjadi pilot projek kerjasama antara Pemko Pariaman dengan BNI 46.  (j/aa)