Kebutuhan Darah di Kota Padang Capai 200 Kantong Perhari

TABLOID BIJAK (Padang) — Kebutuhan darah di Kota Padang terus meningkat setiap tahunnya. Saat ini, kebutuhan darah mencapai 200 kantong setiap harinya.

“Biasanya 100 kantong yang dibutuhkan setiap harinya sekarang sudah mencapai 200 kantong per hari karena permintaan akan kebutuhan darah yang juga meningkat. Di sisi lain, dari data pendonor darah mengalami peningkatan dalam beberapa waktu sebelumnya, ini membuktikan banyak kepedulian masyarakat untuk menjadi pendonor darah,” ujar Direktur Unit Donor Darah Kota Padang dr Widyarman di Auditorium Gubernuran, Rabu 13 Februari 2019.

Meningkatnya kebutuhan darah, kata Widyawarman tentu membutuhkan pendonor dengan jumlah yang lebih banyak pula. Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut, selain dari masyarakat ada 33 instansi yang rutin memberikan donor darah.

“Selain memenuhi kebutuhan darah, kami harus menjamin pula darah yang didonor aman untuk dipergunakan,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mengapresiasi sikap Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang karena memberikan penghargaan kepada warga masyarakat yang secara rutin mendonorkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan. Hal itu sebagai bentuk penghargaan PMI pada pendonor yang dengan rutin mendonorkan darahnya guna membantu mereka yang membutuhkannya.

“Semoga masyarakat yang belum pernah atau jarang mendonorkan darah dapat lebih giat lagi mendonorkan darahnya agar persedian darah di Sumbar, tidak akan kekurangan darah bagi saudara kita yang membutuhkan,” ujarnya. (fardi)