HPN Surabaya Mardison Kepingin Bangun Jembatan Gandoriah –Angso Duo

Catatan Mengikuti Hari Pers Nasional di Surabaya Tahun 2019. Peringatan Hari Pers Nasional, adalah hari-hari yang ditunggu Insan Pers setiap tahun. Selain Insan Pers termasuk Pimpinan Daerah seperti Gubernur selalu berusaha berebut untuk dapat dilaksanakan di daerah masing-masing.

Hebatnya dimana dilaksanakan Hari Pers Nasional. Pimpinan Wilayah  Gubernur setempat selalu mendapatkan pujian dan guyonan yang mengembirakan dari berbagai pihak, terutama dari rekan-rekan pers serta Panitia pelaksana.

HPN di Surabaya Tahun 2019 yang hari puncaknya jatuh Sabtu (9/2/2019) bertemat di Convention Hall Grand City Lt.3 Surabaya, Jln. Walikota Mustajab No. 1 Surabaya, dihadiri Presiden RI Jokowi Dodo bersama isteri dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur se Indonesia. Bahkan Bupati/Waliota se Indonesia Nyaris hadir distu semua.

Pada kesempatan itu, para Bupatindan Gubernur diberikan hadiah seperti pena emas oleh Presiden RI dan dari sejumlah Menteri, bagi kepala daera yang tidak menerima penghargaan pada Hari Pers Nasional merasa belum cukup rasanya dan ada rasa kurang puas.

Paratokoh Pers Nasional juga berdatangan pada Peringatan Hari Pers Nasional tersebut, termasuk Duta Besar Negara sahabat. Sebagai wartawan di daerah juga sangat kepingin hadir pada setiap Peringatan Hari Pers Nasional itu. Khusus untuk di Surabaya Tahun 2019, Peringatan Hari Pers juga digelar pertandingan olahraga oleh Siwo, cabang Futsal.

Kalau dahulu sebelumnya pertandingan olahraga wartawan diadakan sekali dalam 3 tahun yang disebut dengan Pekan Olahraga wartawan Nasional (Porwanas). Wartawan yang ikut sebagai atlit olahraga senang sekali kalau dapat ikut sebagai atlit.

Rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumatera Barat yang diketuai oleh H. Heranof Firdaus berhasil meloloskan Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni sebagai penerima Penghargaan sebagai Bupati Peduli Olahraga Wartawan Siwo. Kemudian Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno sebagai Gubernur Tokoh Perintis Pers Nasional.

Dari sekian banyak bupati dan walikota di Sumatera Barat, hanya Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni satu-satunya yang beruntung. Wakil Walikota Pariaman Drs. Mardison Mahyuddin, MM mengaku tidak hadir pada malam penyerahan pernghargaan kepada kepala daerah.

“Malulah kita hadir, kawan-kawan menerima penghargaan “awak duduk mancongong”. Untuk tahun 2020 Mardison Mahyuddin berharap bersama dengan Walikota Pariaman Genius Umar dapat juga diberikan penghargaan dari Pers Nasional,” ujarnya.

Wakil Walikota Pariaman, Drs. Mardison Mahyuddin pimpin rombongan ke Surabaya untuk menghadiri Hari ers Nasional tahun 2019 terdiri Kadis Kominfo Kota Pariaman, Nazifah, Kabid Informasi dan Penerangan Darmi Tanjung dan Eri sebagai staf.

Dari unsur wartawan Mardison Mahyuddin, juga membawa Oyong Liza Piliang, Rafki dan Ketua PWI Perwakilan Pariaman, Daman Huri. Terakhir membawa Seksi Keagamaan PWI Sumatera Barat, Drs. H. Amiruddin, Tuanku Majolelo.

Selama di Surabaya selain melihat berbagai atraksi dan kegiatan yangdigelar dalam memeriah Hari  Pers Nasional, Mardison juga melihat dari dekat Jembatan Suramadu yang panjangnya lebih dari 5 kilo meter tersebut.

Dari Kunjungan  ke Jembatan Surahmadu, Mardison Mahyuddin mengatakan, Jembatan serupa juga bisa dibangun di Kota Pariaman, Gando Riah-Pulau Angso Duo. Kalau soal panjang panjang lagi di Surahmadu. “Kalau Jembatan Gandoriah-Pulau Angso Duo,paling-paling 3 kiloan,” tutur Mardison dengan nada serius. (bersambung)