Kepolisian Resor Pasbar Berhasil Ringkus 3 Pelaku Perampokan Sadis

BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)— Kerja keras jajaran Kepolisian Resor Pasaman Barat (Pasbar) berhasil meringkus tiga orang pelaku kasus perampokan sadis di Jalan Protokol, Jalur 32 Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Pasbar, Selasa  (29/1/2019) malam, ditempat berbeda.

Jumpa pers yang berlangsung di Aula Polres Pasaman Barat, Rabu (30/1/2019) Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Iman Pribadi Santoso, S.I.K,  pada awak media mengungkapkan, pihaknya telah berhasil mengamankan tiga dari lima tersangka pencurian  sadis diwilayah hukum Polres Pasbar.

Dikatakan, Dua diantaranya diamankan di wilayah hukum Polres Solok pada hari Senin (28/1/2019) diantaranya, tersangka inisial “E” (29), “B” (22) dan  “A” (17)  mereka diamankan di tempat berbeda, E dan B diamankan di wilayah hukum Polres Solok, sedangkan A diamankan di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar.

Sebelumnya komplotan pencurian tersebut beraksi di tiga tempat berbeda di Pasbar, yang juga melakukan penyekapan hingga melukai korbannya di salahsatu rumah, Jalan Protokol Jalur 32, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman beberapa waktu lalu.

Aksi sigap Jajaran Polres Pasbar hingga membiuahkan hasil, komplotan pelaku curat, curas dan curanmor berhasil dilumpuhkan jajaran satuan Reserse Kriminal Polres Pasaman Barat.

“Kita mengamankan Tiga dari Lima orang pelaku, dua diantaranya kita amankan di Kota Solok, Senin kemarin. Satunya lagi di Nagari Kajai, Kabupaten Pasbar, sementara Dua orang lagi “P” dan “G” masih Dalam Pencarian Orang (DPO),” katanya.

Kronologis kejadian berawal saat peristiwa pencurian barang berharga disertai dengan kekerasan (Curas) yang dilakukan oleh pelaku inisial E, B, A, P dan G pada hari Kamis (17/1/2019) lalu sekitar pukul 03.00 Wib dini hari,  di salah satu rumah warga di jalan protokol, jalur 32 Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman.

Selanjutnya, Kamis (24/1/2019) sekira pukul 03.00 Wib dini hari,  pelaku E, B, A, P dan G kembali melakukan aksinya, di Gudang PT. Indomarco Adiprima di jalan KKN jorong Kampung Cubadak, Nagari Lingkuang Aua, Pasaman Barat, mereka berhasil menggondol brangkas  yang berisi uang sebanyak Rp 89,2 Juta.

Alhasil, jajaran Polres Pasbar, beraksi dengan sigap, mencari keberadaan pelaku dan akhirnya, Senin kemarin berhasil mengamankan tiga pelaku berseta barang bukti berupa, empat unit sepeda motor (salah satunya hasil curanmor), dan alat-alat yang digunakan untuk melakukan aksi seperti tas ransel, martil, linggis,  berangkas dalam keadaan rusak dan  sisa uang hasil kejahatan kurang lebih Rp 3, 1 juta.

Akibat perbuatannya,  ketiga tersangka saat ini mendekam di sel tahanan Mapolres Pasaman Barat untuk dimintai keterangan  lebih lanjut. Tersangka di jerat pasal 365 KUHP ayat (1) dan (2) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun  penjara. (Arafat)