Pemkab Pasaman dan Baznas Dirikan Pondok Pesantren

TABLOID BIJAK (Pasaman) — Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasaman serta dukungan dari perantauan mendirikan pondok pesantren tahfidz darul qur’an Islamic Centre Rao (ICR) di daerah setempat.

Pondok pesantren ICR lebih mengutamakan menerima santri yang kurang mampu, anak yatim dan piatu. Selain itu, juga menggratiskan biaya pendidikan hingga lulus.

“Kita akan terima santri terutama yang kurang mampu, anak yatim dan piatu, dan kita juga gratiskan untuk sekolah disini,” ujar Sekretaris yayasan Buya Syafrizal dalam laporanya, Rabu, 23 Januari 2019.

Dengan adanya pondok pesantren ICR, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sangat mengapresiasi dan mendukung serta akan membantu pondok pesantren ICR.

Irwan Prayitno saat meresmikan pesantren menekankan, untuk selalu semangat dan bersungguh-sungguh dalam membangun pondok pesantren ICR ini. Bahkan dikatakannya, pondok pesantren ICR untuk terus difasilitasi dan dimediasi.

Selain itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, salah satu tujuan didirikannya pesantren ini untuk mengingat perkembangan zaman sekarang banyak anak-anak yang tidak mengerti agama, adat dan budaya.

“Selain pendidikan anak perlu juga dibekali dengan agama, adat serta budaya,” ujar Yusuf Lubis.

yusuf Lubis juga sangat mengapresiasi kepada Basnaz Pasaman yang telah menginisiasikan pondok ini, dan terimakasih kepada seluruh perantau Batam, Malaysia, dan Singapura. (fardi)