Pemerintah Kota Pariaman Komitmen Mewujudkan Good Government

TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)–Komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam mewujudkan good government merupakan suatu tekad yang memerlukan kerja keras dan akselerasi yang cepat dari semua pihak.

 

Hal tersebut diungkapkan Asisten III Walikota Pariaman, Lanefi, ketika membuka acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Registrar Domain desa.id yang di gelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman di Ruang Rapat Walikota,Kamis (6/12/2018).

“Salah satu media untuk mendukung hal tersebut adalah penerapan e-government dalam pengelolaan pemerintahan di segala sektor dan tingkatan”, ujarnya.

Termasuk Pemerintah desa, harus menyiapkan sumber daya manusia/kader untuk menjalankan sistem informasi desa dan kawasannya, regulasi desa serta menyiapakan data yang akurat dan update tentang potensi dan masalah yang ada di desa tersebut.

“Oleh karena itu, Lanjut Lanefi, pembuatan website desa ini merupakan bagian penting dari Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa), dalam menjawab perkembangan zaman yang sangat cepat”, jelas Lanefi.

Ia juga menambahkan bahwa website desa ini kita bangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website ini, penyelenggaraan maupun pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

“Peningkatan pelayanan publik merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Pariaman untuk mengimplementasikan misi Pemerintah Kota Pariaman, yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas birokrasi yang responsif”, tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman, Indrayani, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang tata cara pengurusan domain untuk desa dan sekaligus sharing informasi tentang pengelolaan website desa.

“Salah satu fungsi website desa adalah sebagai media pelayanan publik, baik untuk Pelayanan Administrasi yaitu olah data dan dokumen, seterusnya untuk Pengelolaan Pengaduan Masyarakat yaitu formulir online di website desa, SMS gateway, media komunitas, serta Pengelolaan Informasi dan media Penyuluhan kepada masyarakat”, ungkap mantan Kabid Peternakan dan Pertanian Kota Pariaman ini.

Indrayani berharap, mudah-mudahan melalui Sosialisasi dan Bimtek ini kita dapat memahami dan mengaplikasikannya di desa kita masing-masing dalam rangka mewujudkan e-goverment di Kota Pariaman”, tutupnya.

Narasumber pada kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Domain Desa ini adalah Kepala Bidang e-Government Dinas Kominfo Kota Pariaman, Nofrizal.(rika/win/amir)