Kemenag Padangpariaman Sosialisasi Pendidikan Agama Islam

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)–Dalam rangka memberikan acuan dan pedoman yang jelas tentang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padangpariaman menggelar sosialisasi terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kegiatan tersebut berlangsung, Kamis (6/12/2018) di Aula FKUB Kabupaten Padang Pariaman, Kiambang. dibuka secara resmi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag dengan tema “Dengan Sosialisasi UAMBN Pendidikan Agaman Islam dan Bahasa Arab, Kita Wujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat”.

Sosialisasi diiuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Guru PAI, Aqidah Akhlak, Alquran Hadits, SKI, Fiqih dan Bahasa Arab dengan dua orang narasumber yakni, Dr. H. Helmi, M.Ag dan Suhendrizal. S.Ag, MA.

“Tujuan dari kegiatan ini agar pelaksanaan ujian akhir madrasah terlaksana dengan baik, untuk itu, kita memberikan acuan dan pedoman yang jelas tentang pelaksanaan UAMBN bagi guru madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman,” kata Kepala Kankemenag Dr. H. Helmi, M.Ag dalam sambutannya.

Menurut H. Helmi, UAMBN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional meliputi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan.

“UAMBN berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs dan MA dan alat pengendali mutu pendidikan serta pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA,” paparnya.

Pembukaan sosialisasi tersebut juga dihadiri Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman, Syafrizal, S.Ag, Tk. Sidi Sati, Kasi Bimas Islam yang juga Plt Kasi Penmad, Suhendrizal. S.Ag, MA. (Mudawar)

Foto : Kepala Kantor Kemenag Padangpariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag (tengah) buka sosialisasi UAMBN Pendidikan Agaman Islam dan Bahasa Arab. (rel/amir)

TABLOIDBIJAK.COM (Arosuka)–Launching program SapiInvestasiAparaturPemerintah (SIAP) padaKamis, (29/11/2018) bertempat di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, niscaya berdampak besar terhadap prospek pertumbuhan ekonomi dan potensi peluang lapangan pekerjaan buatmasyarakat di Kabupaten Solok.

Bayangkan,sesuailaporanKadisPertanianAdmaizonsetidaknyabertambahpopulasisapimenjadi 150 ekor yang berasaldarisipemilikparapejabat yang terdiridarimulaiparastafahli, asisten, kadis se Kab. Solok, sekretaris, kepalabidang, kepalabagiansertacamat se Kab.Solok.

“Program inibertujuanmeningkatkanproduksipeternak.Sehinggamelalui program ini diharapkan kelompok peternak dapat membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan perekonomian”,sebutAdmaizon.

Bupati Solok Gusmal dalam sambutannya mengatakan, program yang bertujuan untuk mendukung misi dinas pertanian dalam mewujudkan petani sebagai pelaku usaha serta terjadi penurunan populasi ternak sapi di Kabupaten Solok yang berdampak pada penurunan produksi daging di KabuapatenSolok.

Pemberdayaan peternak merupakan segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dibidang peternakan dan kesehatan hewan untuk meningkatkan kemandirian, memberikan kemudahan dan kemajuan usaha serta meningkatkan daya saing dan kesejahteraan peternak.

“Dengan program SIAP inisemakin membuat efektif dan efisien orang berinvestasi menjadi berkembang sehingga dapat pula membantu parapeternak dalam meningkatkan pendapatannya. Kepada para pejabat KabupatenSolok agar serius dalam mensukseskan program ini”,ajaknya bupati yang kala itu juga dihadiri seluruh pejabat lingkungan setempat, Kepala Bank Nagari Cabang Solok, Banteng Dono Sariro dan Ketua Kelompok Peternak Lembu Makmur Popy Irawan..󰀀