Tuan Rumah MTQ Provinsi Sumbar Dialihkan dari Kota Solok ke Kota Padang

TABLOID BIJAK (Padang) — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019 pelaksanaanya dipercepat menjadi bulan Maret.

Selain itu, tuan rumah pelaksana MTQ dipindahkan dari Kota Solok ke Kota Padang.

“Kota Solok tidak bisa menyanggupi pelaksanaan MTQ pada Maret. Mereka bisanya di pertengahan atau akhir tahun. kami pilih Kota Padang menjadi tuan rumah, dan Pemko Padang pun menyanggupinya,” ujar Irwan Prayitno usai rapat percepatan pelaksanaan MTQ, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumbar, Jumat, 30 November 2018.

Menurut Irwan, percepatan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi harus dilakukan. Mengingat Sumbar akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020.

Lanjutnya, dipercepatnya MTQ tingkat provinsi, agar hasil yang diperoleh saat pelaksanaan MTQ Nasional sesuai dengan target yang diharapkan. Karena pada MTQ sebelumnya, Sumbar hanya mampu meraih peringkat ke-14. Jauh merosot jika dibandingkan pada MTQ Nasional 2016, yang mampu meraih posisi ke-7.

Terkait itu, jika pelaksanaan MTQ tingkat provinsi 2019 bisa lebih cepat diselesaikan. Maka pembinaan qori dan qoriah pun akan lebih maksimal. Masih ada rentang waktu sekitar satu tahun untuk melakukan pembinaan dan pematangan.

“Target kita di MTQ 2020 yakni bisa masuk lima besar. Mudah-mudahan bisa terwujud,” ujar Irwan.

“Saya menilai untuk sarana prasana di Kota Padang sudah lengkap dan banyak alternatif. Ada berbagai masjid besar seperti Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Azhar UNP, Masjid Baiturahmah, dan Masjid di UPI yang bisa dijadikan tempat penyelenggaraan. Tinggal kita memikirkan anggaran untuk pembukaan dan penutupan,” ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, pembukaan MTQ Nasional akan dilaksanakan di Mainstadion Padang Pariaman dan penutupan di Masjid Raya Sumbar. (fardi)