Peringatan Tiga Hari Besar Nasional Dilaksanakan Bersamaan di Pasaman

BIJAKONLINE (Pasaman)—-Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama didaulat jadi pimpinan upacara tiga hari besar sekaligus, Kamis, 29 November 2018 .

Ketiga hari besar tersebut, Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Hari Guru Nasional dan HUT KORPRI ke-47, yang kegiatannya dilaksanakan di halaman kantor bupati.

“Hamdallah, pada hari ini kita memperingati gabungan dari tiga upacara penting, yaitu HKN ke-54, HGN dan HUT Korpri ke-47. Saya akan sampaikan inti-intinya saja dari peringatan ketiga moment itu,” ujarnya.

Memperingati HKN, kata Atos, agar semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan harus terus dikobarkan.

“Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama tenaga kesehatan yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan, baik ditingkat jorong, nagari, kecamatan sampai kabupaten,” kata Atos, sembari menambahkan, kita harus optimis pembangunan kesehatan di kabupaten itu akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan SDM Pasaman yang sehat dan berprilaku hidup sehat.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk berprilaku hidup sehat melalui Germas harus terus ditingkatkan. Dengan cara menekankan kesadaran tiap individu masyarakat. Pemda terus berpartisipasi dan mendorong terlaksananya Germas ini,” katanya.

Di Hari Guru Nasional, peran guru sebagai pendidik tidak akan pernah tergantikan oleh kemajuan teknologi. Namun, pada era globalisasi ini para guru tetap diminta untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi guna meningkatkan kualitas PBM disetiap satuan pendidikan.

“Ini sangat, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetensi global. Selain itu, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” katanya.(Fauzan)