Gubernur Sumbar: Peran Keluarga Kata Kunci Cegah Sek Menyimpang LGBT

TABLOID BIJAK (Padang) — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, peran keluarga sangat penting atau kata kunci untuk mengatasi perilaku menyimpang Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT).

“Keluarga menjadi kata kunci, terutama orang tua kepada anak-anaknya dari kecil dididik dengan baik sehingga baik juga kedepannya,” ujar Irwan Prayitno seusai sosialisasi penguatan lembaga layanan perlindungan perempuan dan anak dalam rangka menanggulangi LGBT Provinsi Sumbar 2018.

Selain peran keluarga, kata Irwan, faktor lingkungan juga mempengaruhi terjadinya perilaku menyimpang ini. Lingkungan yang sangat berpengaruh seperti dilingkungan sekolah, teman, masyarakat, dan sebagainya.

Irwan Prayitno juga menyampaikan, pencegahan perilaku menyimpang LGBT di Sumbar belum tuntas. Bahkan hingga saat ini belum ada aturan yang tegas terkait pencegahan dan sanksi terhadap LGBT ini.

Terkait itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan buat Peraturan Daerah (Perda) tentang ketahanan keluarga.

“Perda ini mencakup keseluruhan, terkait dengan keluarga atau orang tua dalam membina keluarganya sehingga menjadi suatu panduan dan pedoman,” ujar Irwan Prayitno. (fardi)