Mobil Hemat Energi, Aman dan Ramah Lingkungan

TABLOID BIJAK (Padang) — Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang tiap tahunya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi, dengan tujuan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan.

Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Didin Wahidin mengatakan, adanya kontes mobil hemat energi ini dapat membangkitkan kreatifitas anak bangsa sehingga adanya kontes ini mereka lebih kompetitif untuk dilombakan ditingkat dunia.

Pemenang lomba nanti akan diadu lagi ditingkat dunia. Sehingga, diharapkan mereka dapat mengukur kemajuan didunia. “Apa yang mereka lihat dari kontes dunia dapat diterapkan untuk pengembangan otomotif yang hemat energi di Indonesia,” ujar Didin Wahidin.

Selain itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengapresiasi dengan adanya pengembangan inovasi yang dilakukan perguruan tinggi di Indonesia untuk menciptakan mobil hemat energi.

Menurutnya, adanya mobil hemat energi ini dapat menjadi sesuatu yang dapat dikembangkan dimasa mendatang. Apalagi, dapat menjadi alternatif kendaraan yang tidak merusak lingkungan.

Selain itu, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri mengatakan, kontes ini untuk membangun reputasi akademik di kampusnya, terutama mendorong mahasiswa khususnya di Fakultas Teknik agar bisa melahirkan inovasi-inovasi baru.

“Mahasiswa dapat menyalurkan inovasi mereka karena memang ajang ini dipersiapkan pemerintah untuk mengakomodir semua inovasi mahasiswa, terutama dalam perkembangan teknologi otomotif,” pungkasnya.

Ajang KMHE dilaksanakan dari tanggal 28 November sampai 1 Desember 2018 yang diikuti oleh 74 tim finalis yang berasal dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. (fardi)