Bupati Solok Banggakan Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren di Daerahnya

TABLOIDBIJAK.COM (Arosuka)—Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) sebagai program yang digadang oleh Bupati Solok Haji Gusmal, untuk sejauh mana perkembangan pergerakan kemajuannya, maka Pemda melalui Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Dis.Dikpora) sebagai yang kompeten, menggelar perlombaan sekaligus untuk indicator evaluasi terhadap murid dan siswa.

Untuk perdana di tahap evaluasi ini, Pemda melalui Bupati Gusmal meresmi kanpelaksanaan launching lomba SUBP tingkat SD dan SMP se Kabupaten Solok serta SUBP Mandiri SUBP SD se-Kecamatan Kubung, bertempat Aula Solok Nan Indah, (19/11/2018), pekan lalu.

Turut mendampingi Bupati Kadis Dikpora Zulkisar, Kepala BPSDM Feris Novel, Ketua PGRI Asrinur, perwakilan OPD, para guru dan hadirin lainnya.

Bupati Gusmal dalam arahannya menyebut, melalui program SUBP agar ditingkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia peserta didik se-Kabupaten Solok.

“Saya minta kepada kita semua untuk mencapai tujuan SUPB ini secara maksimal.Dengan lomba ini para bapak ibu guru sekalian bias melihat hasil dari program SUBP yang telah berjalan selama ini di sekolahnya”,ingat bupati.

Selanjutnya kepada anak-anak kami yang ikut lomba, saya mengucapkan selamat berlomba tampilakanlah keterampilan-keterampilan yang dimiliki dengan baik.

“Saya minta kegiatan ini menjadi agenda rutin Dinas Pendidikan setiap tahunnya dan kalau bias pada HUT Kabupaten Solok juga diadakan kegiatan seperti ini”,harapnya.

Sementara Kadis Dikpora Zulkisar mengungkapkan, dari pelaksanaan kegiatan lomba SUBP tingkat SD dan SMP se Kabupaten Solok, selain bertujuan untuk mendorong meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Al-Qur’an khususnya di sekolah. Adapun kegiatan ini berlangsung selama 19 sampai 24 November 2018.

Tempat kegiatan dilaksanakan di aula Disdikpora, mushalla komplek perkantoran Arosuka dan aula Solok Nan indah kantor Bupati Solok.

Cabang yang dilombakan di tingkat SD yaitulomba Tahfiz, shalat jenazah dan MSQ untuk tingkat SMP cabang yang dilombakan, Tahfiz, MSQ dan khotbah Jumat. Kita berharap jangan sebagian perlombaan saja tetapi dapat menjadi barometer kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. .(yasrilyakub)